Bursa Efek Indonesia (BEI) Bersama SRO Kembali Hadirkan Sharia Investment Week (SIW) 2023

53

Jakarta,Satubanten – Pasar modal syariah telah hadir di Indonesia sejak tahun 1997 yang dimulai dengan kehadiran reksa dana syariah, tidak hanya itu setelahnya dilanjutkan dengan indeks saham syariah, daftar efek syariah, sukuk dan berbagai fatwa tentang investasi di pasar modal Indonesia.

Sebagai upaya pengembangan pasar modal syariah agar makin dikenal masyarakat, Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama SRO lain yaitu PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), serta dukungan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar kegiatan tahunan yang diberi judul Sharia Investment Week (SIW). Bulan Juni ini, kembali diadakan SIW 2023. Tujuan utama kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan literasi pasar modal syariah yang lebih luas dan inklusif serta memperkuat branding pasar modal syariah.

Dalam kegiatan SIW 2023 akan menjadi ajang silaturahmi investor syariah dan wadah untuk meningkatkan tingkat literasi masyarakat terhadap Pasar Modal Syariah.

Kegiatan yang akan dilaksanakan pada 15 – 17 Juni 2023 secara hybrid dengan beberapa kegiatan lomba kreasi digital pre-event, yaitu Video Literasi Pasar Modal Syariah, Twibbon & Caption Contest, dan Photobooth Challenge.

Kegiatan ini dilasanakan
di Atrium F3 Floor FX Sudirman, Jakarta, dan kegiatan ini juga bisa diikuti secara online Platform Website SIW 2023 (https://idxsiw.id).

SIW 2023 akan dilakukan dalam dua sesi seminar, empat sesi talk show, dan satu sesi powerful speech yang dimeriahkan juga dengan live performance band. Dengan menampilkan 25 narasumber dan moderator kompeten yang ahli di bidangnya maupun public figure di pasar modal syariah Indonesia.

Tema utama yang diusung pada SIW 2023 adalah “Sharia Investing for Better Future” dengan tiga sub tema harian yang diusung, yaitu Sustainable Islamic Finance, Investment Product and Technology dan Wealth and Social Development. Penyelenggaraan SIW 2023 ini juga mengawali program campaign “Aku Investor Saham Syariah”.

Sesi seminar diadakan pada hari pertama dengan judul “Islamic Capital Market: To Sustainability and Beyond!” dan “Unlocking the Advanced Society With Islamic Stock Waqf”. Sementara sesi talkshow mengangkat judul menarik, “Navigating The Evolving Technology in Islamic Investment”, “Align Your Portfolio With Your Style!”, “Why are So Few Women in Finance?” dan “Growing Your Wealth Mindfully. Sedangkan powerful speech akan berjudul “What Kind of Investor Are You?”

Tidak hanya seminar tetapi pada
SIW 2023 juga digelar Expo dan Virtual Expo. Secara keseluruhan terdapat 33 booth pada virtual expo SIW 2023 yang dapat dikunjungi melalui website SIW 2023, termasuk 13 booth Anggota Bursa Sharia Online Trading System (AB-SOTS) yang juga dapat dikunjungi secara langsung pada venue SIW 2023 di Atrium F3 Floor FX Sudirman. Virtual expo SIW 2023 terbagi menjadi 3 area, yaitu area AB-SOTS, area Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Self-Regulatory Organization (SRO), serta area Manajer Investasi yang merupakan anggota Asosiasi Pelaku Reksa Dana dan Investasi Indonesia (APRDI), Bank RDN Syariah serta Lembaga lainnya. Selain itu, terdapat juga sesi promosi AB-SOTS (Anggota Bursa – Shariah Trading Online System) atau anggota bursa yang menyediakan fasilitas perdagangan saham syariah secara online. SIW 2023 rencananya akan dibuka secara resmi oleh Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Keuangan Derivatif, dan Bursa Karbon OJK Inarno Djajadi.

Untuk mengikuti kegiatan SIW 2023, masyarakat dapat melakukan registrasi terlebih dahulu melalui idxsiw.id atau bisa mengunjungi website IDX pada sub menu Sharia Investment Week 2023. Setelah melakukan registrasi, peserta akan mendapatkan notifikasi bahwa registrasi sudah berhasil dilakukan dan peserta bisa melakukan login dan mendapatkan full akses website SIW.

Selanjutnya, peserta yang telah melakukan registrasi dapat langsung hadir ke FX Sudirman F3 Atrium, Jakarta Pusat. Namun apabila terkendala, peserta tetap dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan SIW 2023 secara virtual pada website idxsiw.id. (SBS/Mhs)

Comments are closed.