Bupati Pandeglang Ajak Masyarakat Mulai Manfaatkan Lahan Kosong Untuk Kesejahteraan Pangan Keluarga

54

Pandeglang, Satubanten – Bupati Pandeglang Irna Narulita mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong atau lahan tidur dengan menanam berbagai jenis tanaman produktif.

“Lahan kosong harus diberdayakan untuk tanaman produktif, guna membantu pemenuhan pangan keluarga, “kata Irna saat memberikan arahan kepada para peserta Sekolah Lapang Kapoktan di Kp.Sukatani Blok Bebengan Desa Mekarsari Kecamatan Bojong, Kamis (10/8/2023).

Ia menegaskan, lahan kosong dapat ditanami berbagai jenis tanaman komoditas seperti sayur mayur, buah-buah maupun jenis tanaman yang memiliki nilai manfaat dan ekonomis.

“Lahan kosong jangan dibiarkan, harus dimanfaatkan, baik di kawasan kebun atau di sekitar rumah, untuk itu masyarakat agar bisa memanfaatkan lahan tidur untuk kebutuhan pangan keluarga, “terangnya.

“memanfaatkan pekarangan atau lahan kosong untuk tanaman, merupakan salah satu upaya memperkuat ketahanan pangan, “tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pandeglang Uun Junandar mengatakan sekolah lapang terbukti sangat efektif dalam proses peningkatan kualitas SDM para petani, melalui ilmu pengetahuan dan keterampilan yang berdampak pada kemajuan sektor pertanian, “katanya.

Ia berharap Sekolah lapang bagi para Kelompok tani ini mampu meningkatkan produktivitas pertanian dan meningkatkan kesejahteraan petani di Kabupaten Pandeglang, “harapnya.

Comments are closed.