Bupati Lebak Tekankan Empat Prioritas Pembangunan

126

Satubanten.com- Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya menekankan empat prioritas pembangunan Kabupaten Lebak yang diarahkan pada; Meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif yang berkelanjutan, meningkatkan kualitas dan daya saing SDM, Meningkatkan kualitas infrastruktur dengan tetap memelihara kualitas lingkungan hidup, serta meningkatkan tata kelola Pemerintah Daerah yang berkualitas. Hal itu disampaikan Bupati Lebak saat membuka kegiatan Konsultasi Publik Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Lebak Tahun 2024, yang diselenggarakan di Aula Multatuli Setda Kabupaten Lebak, Selasa (24/1/2023).

Iti mengingat kepada seluruh Perangkat Daerah dan seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Lebak bahwa pada tahun terakhir RPJMD 2019-2024, kita dituntut untuk lebih fokus mengawal prioritas pembangunan agar capaian kinerjanya sesuai target yang telah disepakati bersama dalam dokumen perencanaan daerah.

“Tentunya untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan sinergitas yang kuat antar Perangkat Daerah bersama seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Lebak sesuai dengan teori pentahelix dimana unsur Pemerintah, akademisi, pelaku usaha, masyarakat atau komunitas dan media harus bersatu padu berkolaborasi dalam melaksanakan pembangunan di Kabupaten Lebak yang kita cintai” Tegasnya.

Berkenaan dengan arah kebijakan pada tahun 2024 tersebut, salah satu pencapaian yang telah diwujudkan pada tahun 2022 yaitu penetapan warisan geologi (Geoheritage) Geopark Bayah Dome oleh Kementerian ESDM RI, diharapkan dengan ditetapkannya warisan geologi ini menjadi motivasi untuk kita semua agar segera mencapai status Geopark Nasional dan mengukuhkan Lebak sebagai destinasi unggulan Nasional berbasis potensi lokal sebagaimana visi pembangunan Lebak, imbuhnya.

Sebagai upaya Pemkab Lebak dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, Bupati mengintruksikan kepada seluruh Perangkat Daerah maupun Pemerintahanan Desa agar melakukan inovasi-inovasi dan digitalisasi dalam bekerja melayani masyarakat, sehingga masyarakat benar-benar merasakan Pemerintah hadir dan memberikan solusi pada seluruh sektor pelayanan publik secara efektif dan efisien.

Selain itu, Ketua Penyelenggara Konsultasi Publik RKPD Tahun 2024, Budi Santoso mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan dari Kepala Perangkat Daerah dan Pemangku Kepentingan dalam penyusunan rancangan awal rencana kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak Tahun 2024.

“Kita mengharapkan sekali masukan dan saran untuk penyempurnaan RKPD tahun 2024, jadi kontribusi bapak ibu semua sangat kita harapkan” Pungkasnya.

Terakhir Sekda berharap dengan masukan dari berbagai pihak ini dapat menyempurnakan program kegiatan yang direncanakan dengan melihat capaian pembangunan tahun sebelumnya sebagai bahan evaluasi perbaikan tahun 2024. (**)

Comments are closed.