Bupati Irna Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

2

Pandeglang,Satubanten.com – Bupati Pandeglang Irna Narulita menjadi inspektur upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tingkat Kabupaten Pandeglang, Kamis (1/6/2023) di Polres Pandeglang.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Irna Narulita selaku inspektur upacara membacakan pidato Presiden Indonesia Joko Widodo, dimana dalam sambutan tersebut disampaikan bahwa Pancasila dan nilai – nilai yang dikandungnya merupakan falsafah dasar, pandangan hidup bangsa, dasar negara, ideologi, kekuatan pemersatu bangsa dan sumber segala sumber hukum negara, “katanya.

“Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus sebagai “Bintang Penuntun” dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita – cita pendirian negara, mewujudkan masyarakat indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur, “ucapnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa indonesia, pengamalan nilai – nilai Pancasila sebagai perwujudan rasa cinta kepada tanah air, sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik, “tuturnya.

Menurutnya, Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari – hari, Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar namun harus dipraktikan dan diaktualisasikan dalam kehidupan, sehingga nilai – nilai Pancasila akan tertanam didalam hati bangsa indonesia, “terangnya.

“Pada peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 ini, marilah kita bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global, mari kita berkomitmen untuk bersama – sama menanamkan, menegakan, dan menjaga Pancasila serta nilai – nilai yang terkandung didalamnya serta menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, “tuturnya.

Mengakhiri sambutan ini, saya ingin mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama – sama mengaktualisasikan nilai – nilai Pancasila dalam kehidupan sehari – hari semoga melalui peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan tahun yang akan datang, “pungkasnya. (**)

Comments are closed.