Bupati Irna Narulita Apresiasi Dalang Muda Pandeglang Yang Akan Manggung Di Luar Negeri

37

Pandeglang, Satubanten.com – Aming Ajen atau dengan nama lengkap Muhamad Armin (17) seorang dalang muda asal Kabupaten Pandeglang akan mengikuti festival wayang di Thailand dan Prancis, berangkatnya Aming ajen keluar negeri mendapat perhatian Bupati Pandeglang Irna Narulita.

Bupati Irna berharap sosok Aming ini bisa menjadi pelopor bagi kaula muda untuk terus menggeluti kesenian perwayangan di Pandeglang.

“Ibu sangat bangga kepada Aming, masih muda tapi talentanya luar biasa menyukai kesenian yang jarang digeluti oleh anak seusianya,” demikian diungkapkan Bupati Irna saat menerima kunjungan Aming ke Pendopo Pandeglang, Senin (3/7).

Menurut Bupati Irna, adalah sosok agen perubahan dalam rangka melestarikam budaya kesenian tradisional.

“Semoga ini mengedukasi, menghibur, warga Thailand, mereka bisa tau ternyata banyak budaya tradisional menarik di Indonesia dan Pandeglang,” terangnya.

Lebih lanjut Bupati Irna meminta kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan agar terus mendorong para penggiat seni dan budaya agar menjaga kelestarian budaya dan kearifan lokal.

“Semoga ada Aming lainnya yang akan go Internasional untuk mengharumkan daerah dengan kearifan lokal,” pungkasnya.

Sementara Neneng Nuraeni Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mengatakan, pihaknya sangat mendukung pengembangan seni perwayangan di Pandeglang. Namun kata Neneng, sejauh ini belum ada wadah atau sanggar khususus dalang di Pandeglang.

“Kalau senimannya ada, jika ada sanggar khusus kita akan bantu promosi dan pembinaan, mudah – mudahan dalang Aming bisa buat sanggar sendiri kita bisa bantu dan kolaborasi,” terang Neneng.

Dijelaslan Neneng, saat ini memang Aming bergabung di sanggar seni di tasik, hal karena Pandeglang belum ada sanggar yang menaungi perdalangan.

“Jika kedepan Aming ini punya sanggar sendiri, kita akan fasilitasi. Kita punya balai budaya dan punya program ruang publik berkreasi itu bisa dimanfaatkan,” ujarnya.

Aming Ajen yang duduk dibangku kelas 2 SMKN 1 Pandeglang sangat senang di suport oleh orang nomor 1 di Pandeglang. Kata Aming, dirinya akan berangkat ke Thailand dan Perancis pada bulan september. (**)

Comments are closed.