Bukalapak Raih “ASEAN Tech for ESG Awards 2023”

15

Singapur, Satubanten – Tiga pemenang “ASEAN Tech for Environmental, Social, Governance (ESG) Awards” edisi kedua telah diumumkan. Penghargaan ini, diadakan oleh ASEAN Innovation Business Platform (AIBP), telah diserahkan kepada para pemenang di acara “AIBP ASEAN Innovation Retreat 2024” yang berlangsung pada 13 Maret 2024.

Sebagai perkembangan penting menuju inovasi berkelanjutan, komitmen pada prinsip ESG telah meningkat pesat di wilayah ASEAN. Sebanyak 71% perusahaan di wilayah ASEAN menilai, teknologi dan inovasi akan mendukung pengambilan keputusan yang berbasiskan data dalam manajemen risiko ESG. Lebih lagi, 64% perusahaan di ASEAN menganggap, hal tersebut akan mendukung efisiensi sumber daya dan penurunan angka produksi limbah. Temuan ini tercantum dalam “AIBP ASEAN Enterprise Innovation Survey 2023”.

Bukalapak menjalankan sebuah program yang sukses memenangkan “ASEAN Tech for ESG Awards”. Program ini berfokus pada “Pemberdayaan UMKM dengan Infrastruktur Keuangan yang Inklusif” lewat sejumlah inisiatif seperti Mitra Bukalapak dan Kirim Uang. Mitra Bukalapak menawarkan termin pembayaran dan layanan logistik yang lebih baik bagi UMKM. Sementara, jasa remitansi Kirim Uang memproses transaksi secara real-time, memfasilitasi pengiriman dana instan ke 62 bank tujuan. Nilai dana rata-rata yang dikirimkan pengguna mencapai Rp10 juta dalam setiap transaksi. Selain menargetkan ekspansi internasional, Bukalapak berupaya menjawab tantangan inklusi keuangan di Indonesia.

Program lain yang sukses memenangkan ASEAN Tech for ESG Awards adalah Desa Digital oleh Jabar Digital. Lewat program ini, Jabar Digital mewujudkan “Desa Unggulan dengan Inovasi Digital”. Sebagai inisiatif yang digagas Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat, Jabar Digital Services mengurangi kesenjangan digital di Provinsi Jawa Barat. Pada 2022, inisiatif ini berhasil mengurangi jumlah desa yang tidak terjangkau jaringan telekomunikasi, dari 620 desa menjadi 359 desa. Jabar Digital Services juga melatih 1.091 orang dan melibatkan 43 desa dalam Sayembara Desa Digital. Pada 2023, Jabar Digital Services memperluas kolaborasi guna meningkatkan inklusi digital di Jawa Barat. Desa-desa mengangkat sejumlah topik, seperti Pertanian, Perikanan, Peternakan, Pendidikan, Kesehatan, Pengelolaan Sampah, dan Multimedia melalui aplikasi IoT.

Dedikasi pada isu keberlanjutan juga diterapkan dalam sejumlah inisiatif Vingroup dengan memanfaatkan sejumlah teknologi yang penuh terobosan, seperti IoT, AI, dan blockchain. Selain mobil listrik (EV) VinFast yang mengurangi emisi karbon dengan solusi pintar yang meningkatkan efisiensi energi, VinUni juga mengaplikasikan VR dan AR di dunia pendidikan demi mewujudkan kegiatan belajar yang semakin imersif. Lewat inisiatif tenaga surya, Vingroup ingin mengurangi emisi sekitar 23.000 tCO2e per tahun dalam fase 1, lalu menargetkan pengurangan 46.000 tCO2e dalam fase 2, sebagai bentuk tanggung jawab pada lingkungan hidup.

Kisah-kisah sukses ini menawarkan langkah yang dapat ditempuh perusahaan-perusahaan ASEAN, serta menyoroti peran penting dari sarana digital dan teknologi inovatif dalam mencapai pertumbuhan berkelanjutan dan inklusif. AIBP ASEAN Tech for ESG Awards tidak hanya mengapresiasi pencapaian tersebut, namun juga menjadi preseden seputar kiprah ASEAN menuju masa depan yang lebih ramah lingkungan dan inklusif.

Sekilas informasi ASEAN Tech for Environment, Social, Governance (ESG) Awards, diadakan oleh AIBP, mengapresiasi sejumlah perusahaan yang berhasil mengintegrasikan target ESG dengan kegiatan operasional melalui inovasi digital. Penghargaan ini mengangkat inovasi perusahaan yang membuat dampak positif di dunia nyata, serta membuat standar seputar isu-isu keberlanjutan dan tanggung jawab sosial di ASEAN.

Comments are closed.