Buka Perkemahan Antar Satuan Karya, Bupati Lebak Ingatkan Jaga Kelestarian Lingkungan

16

Lebak, Satubanten.com- Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Pramuka Lebak membuka secara resmi Perkemahan Antar Satuan Karya (PERANSAKA) Tingkat Kabupaten Lebak Tahun 2023 di Bumi Perkemahan Praja Mandiri Kecamatan Cimarga, Senin (19/6/2023). Kegiatan ini juga dikolaborasikan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 19-21Juni 2023, diikuti oleh 117 peserta perwakilan delapan Satuan Karya.

PERANSAKA merupakan perkemahan tempat pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang menjadi Satuan Karya Pramuka. Tujuan perkemahan ini adalah menciptakan generasi muda yang berdaya saing dan menjadi agen perubahan untuk kemajuan bangsa.

Bupati Iti mengapresiasi konsistensi anggota Pramuka Kabupaten Lebak yang selalu mendukung pembangunan melalui kegiatan pemberdayaan anggotanya dan juga pelestarian lingkungan.

“Sebagai insan berjiwa Pramuka yang memiliki nilai-nilai luhur yang tercantum dalam Dasa Dharma butir kedua yaitu ‘cinta alam dan kasih sayang manusia’ harus menjadi garda terdepan dalam pelestarian lingkungan hidup, termasuk dalam penanganan sampah plastik,” ucap Iti.

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023 yang mengambil tema ‘Solusi Untuk Polusi Plastik’, Bupati menyampaikan untuk menggalakan gerakan pengurangan sampah plastik dan pengelolaan sampah melalui praktik ekonomi sirkular, yakni pengurangan sampah, desain ulang, penggunaan kembali, produksi ulang, dan daur ulang secara langsung.

“Pemerintah Kabupaten Lebak berkomitmen dalam penanganan sampah plastik melalui Perda Nomor 45 Tahun 2019 tentang Pengurangan Sampah Plastik. Sejak 2018 pun saya sempat menginstruksikan untuk menggunakan tumblr air dan mengurangi penggunaan air kemasan plastik,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Pemerintah Kabupaten Lebak turut menyerahkan bibit pohon secara simbolis kepada perwakilan masyarakat dan perwakilan PERANSAKA, dimana bibit pohon tersebut hasil dari sumbangan para ASN Kabupaten Lebak. Tidak hanya itu, Bupati Lebak juga selanjutnya melakukan penanaman bibit pohon. (**)

Comments are closed.