BPJS Ketenagakerjaan Tangerang Batuceper Kampanyekan Kerja Keras Bebas Cemas di Pasar Kebon Besar Tangerang

41

Tangerang, Batuceper – Selasa, 12 Desember 2023 BPJS Ketenagakerjaan Kacab Tangerang Batuceper melaksanakan Kegiatan Kampanye Kerja Keras Bebas Cemas di Pasar Kebon Besar Kota Tangerang. Kegiatan ini dimaksudkan untuk edukasi dan sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan khusus nya bagi ekosistem pasar seperti para pedagang yang ada disana juga pengunjung.

Alpian, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Tangerang Batuceper menyampaikan, Saat ini BPJS Ketenagakerjaan memang sedang gencar melakukan sosialisasi masif khususnya pada sektor pekerja Bukan Penerima Upah (pekerja informal), antara lain seperti para pedagang yang kita sasar hari ini yang jumlahnya berkisar *60%* dari total seluruh pekerja di Indonesia.

“Sosialisasi yang kami lakukan di pasar Kebon Besar Tangerang ini tentunya untuk memberikan sosialisasi manfaat program bpjs ketenagakerjaan, khusus nya bagi pekerja di lingkungan pasar. Kami turun langsung kelapangan untuk memastikan bahwa informasi akan pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan tersampaikan ke masyarakat pekerja, khusua nya dilingkungan pasar kebon besar”

Alpian turut menambahkan, Untuk Pekerja Penerima Upah (pekerja formal) seperti karyawan dan buruh yang bekerja di perusahaan pada umumnya sudah lebih aware atau sadar akan pentingnya perlindungan BPJS Ketenagakerjaan, namun kepada pekerja informal harus dijangkau dengan pendekatan khusus.

pedagang Pasar Kebon Besar mendapat souvenir dan hadiah pada sesi games. Dok BPJS Ketenagakerjaan Batuceper

“Sosialisasi memang harus dilakukan secara masif melalui komunitas profesinya atau dilakukan secara personal, kampanye kerja keras bebas cemas ini adalah bentuk BPJS Ketenagakerjaan agar lebih dekat dengan rekan2 pekerja informal” ucap nya.

Kegiatan ini dilakukan secara bertahap di 122 Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan yang tersebar di seluruh Indonesia. Dan selain sosialisasi di Lapangan, BPJS Ketenagakerjaan juga melakulan edukasi melalui Radio di setiap cabang di seluruh Indonesia.

Dipasar Kebon Besar Kota Tangerang, BPJS Ketenagakerjaan membuka booth, sebagai sarana sosialisasi dan interaksi dengan pedagang dan para pengunjung pasar yang difasilitasi dengan pendaftaran peserta, kanal informasi, pengecekan data, dan games.

“Para pedagang yang ada di Pasar Kebon Besar ini berkesempatan mendapat souvenir dan hadiah yg sudah kami siapkan di sesi games pada booth kami, tapi games ini hanya bisa di mainkan oleh pedagang/ pengunjung yang sudah mendaftarkan dirinya di booth yang kami siapkan di pasar kebon besar” ungkap Alpian.

Hingga saat ini, jumlah pekerja yang telah terlindungi BPJS Ketenagakerjaan adalah sebanyak *40,2* juta pekerja, jumlah tersebut 7,2 jutanya adalah pekerja informal atau pekerja bukan penerima upah

Alpian pun mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan kerja keras bebas cemas di pasar kebon besar tangerang.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak atas dukungan penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan dan berjalannya kampanye *Kerja Keras Bebas Cemas* khususnya pengelola pasar kebon besar. Negara melalui BPJS Ketenagakerjaan ingin memastikan seluruh pekerja Indonesia sejahtera, mereka dapat bekerja secara keras dan optimal, risiko yang mungkin timbul dari pekerjaan silahkan alihkan kepada kami BPJS Ketenagakerjaan” pungkas nya.

Comments are closed.