BPJS Ketenagakerjaan Ajak para Pemberi Kerja untuk lindungi pekerja rentan dilingkungan perusahaan

14

Tangerang, Satubanten – Pemkot Tangerang bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan menggelar sosialisasi perlindungan pekerja rentan kepada perwakilan perusahaan pada Kamis (4/7/2024) di Aula Al Amanah Puspemkot Tangerang.

Kepala kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan Tangerang Cikokol Zain Setyadi mengatakan, Sosialisasi perlindungan pekerja rentan diikuti oleh 200 perusahaan di Kota Tangerang. Melalui Sosialisasi bertujuan agar perusahaan memberikan tanggung jawab sosial lingkungan dalam bentuk premi BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja rentan.

“Kalau selama ini dalam bentuk fisik, ini diberikan dalam bentuk jaminan sosial terhadap masyarakat berpenghasilan rendah dan tingkat kesehatan rendah di lingkungan perusahaan,” ujar Zain.

Kepala kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan, Tangerang-Cimone A.Fauzan mengatakan, yang termasuk kategori pekerja rentan setiap orang yang memiliki penghasilan dan pekerjaan tidak stabil dan memiliki penghasilan rendah sehingga dikategorikan memiliki kesejahteraan rendah.

“Kita harapkan ini sebagai trigger diberikan selama satu tahun, diharapkan peserta nantinya dapat memberikan perlindungan kepada dirinya sendiri,” ujarnya.

Pps Kepala kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan Tangerang- Batuceper Suharnam menambahkan, jenis perlindungan yang akan diberikan yaitu jaminan keselamatan kerja, dan jaminan kematian.

Zain berharap dari masing-masing perusahaan dapat memberikan perlindungan kepada pekerja rentan di lingkungannya sebanyak-banyaknya.

“Iurannya sangat terjangkau Rp 16.800 setiap peserta Rp 10ribu untuk jaminan kecelakaan kerja dan Rp 6.800 untuk jaminan kematian,” ujarnya.

Kepala Disnaker Kota Tangerang Ujang Hendra Gunawan mengatakan, pihaknya terus mendukung upaya yang dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Melalui sosialisasi ini perusahaan dapat menyadari bahwa di lingkungan sekitarnya banyak pekerja rentan yang membutuhkan jaminan ketenagakerjaan.

“Harapkan tindaklanjut dari sosialisasi ini dapat disebarluaskan kepada perusahaan lainnya, karena hari ini yang diundang baru 200 perusahaan sementara jumlah perusahaan di Kota Tangerang mencapai 5 ribu,” ujarnya.

Comments are closed.