BMKG Ungkapkan Masyarakat Tetap Waspada Adanya Potensi Tsunami Dengan Terjadinya Erupsi Gunung Ruang

10

Satubanten.com- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan masyarakat di sekitar Gunung Ruang, Sulawesi Selatan, masih harus mewaspadai adanya potensi tsunami sampai erupsi dinyatakan selesai.

Badan Geologi Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (KemenESDM) menaikan tingkat aktivitas Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara dari Level III (Siaga) menjadi Levl IV (Awas), terhitung sejak Rabu (17/4/204) pukul 21.00 Wita.

“Saat ini sedang reda (dari potensi bahaya tsunami). Tapi kewaspadaan masih perlu dilakukan sampai erupsi selesai,” kata Kepala Pusat Tsunami dan Gempa Bumi BMKG, Daryono, Kamis (18/4).

Daryono melanjutkan, erupsi yang terjadi di Gunung Ruang, Sulawesi Utara, patut diwaspadai. Pasalnya, menurut catatan sejarah, erupsi yang terjadi di Gunung Ruang memiliki dampak tsunami.

Akibat peningkatan aktivitas Gunung Ruang di Sulawesi Utara, Badan SAR Nasional (Basarnas) juga mengevakuasi 497 warga terdampak di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara.

Kepala Basarnas Monce Brury, juga menyampaikan tim SAR gabungan akan menyiagakan personel di Tagulandang selama satu pekan kedepan. (**)

Comments are closed.