BKKBN Pusat Pantau Stunting di Banten

0 104

Serang, – Deputi Bidang KBKR dr. Eni Gustina beserta Direktur Kesehatan Reproduksi Safrina Salim, mengunjungi Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Banten, Selasa 12 April 2022 dalam rangka penguatan komitmen pemerintah daerah untuk melaksanakan percepatan penurunan stunting di Provinsi Banten.

Diawali dengan rapat pertemuan pembahasan program percepatan penurunan stunting Provinsi Banten yang dihadiri oleh Kepala Perwakilan, Sekretaris, Koordinator dan Sub Koordinator serta Pejabat Fungsional WI di lingkungan Perwakilan BKKBN Provinsi Banten.

Dalam kesempatan tersebut, dr. Eni menyampaikan, perlu ada komitmen bersama dengan Pemda untuk dapat melakukan percepatan penurunan stunting di Provinsi Banten. Upaya percepatan penurunan stunting dapat berdampak pada penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) sehingga perlu diintervensi dengan pelayanan KB.

Lebih lanjut, dr. Eni menyampaikan bahwa dalam waktu dekat BKKBN akan melaksanakan kegiatan strategis dengan kolaborasi bersama IBI dan TNI sebagai bentuk intervensi pelayanan KB dalam upaya percepatan penurunan stunting.
dr. Eni menambahkan, BKKBN telah melakukan audiensi bersama PERSI dengan tujuan menganjurkan Ibu yang baru melahirkan untuk langsung menggunakan kontrasepsi sampai dengan masa nifas selesai (KBPP).

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Banten, Drs. Aan Jumhana Mulyana M.Si menyampaikan BKKBN Banten telah melakukan inovasi pada Program Bangga Kencana sebagai upaya percepatan penurunan stunting, antara lain adalah Gerakan Cegah Putus Pakai Keluarga Berencana (Gerai Kencana), Seputar Konseling Keluarga Berencana (Seruling Bencana), dan Kolaboratif, Integratif Pelayanan KB Bergerak (Koin Perak).

Kunjungan tersebut, diakhiri dengan Rapat Koordinasi Pembentukan TPPS di Provinsi Banten melalui daring yang diikuti oleh kepala OPDKB Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten. Dalam pertemuan itu, disepakati penguatan komitmen oleh pemerintah daerah kabupaten/kota untuk membentuk TPPS di setiap tingkatan dan tim audit stunting yang akan dilakukan pada tahun 2022. (Sbs/Mhs)

Leave A Reply

Your email address will not be published.