BI Himbau Warga Tidak Tukar Uang di Pinggir Jalan

7

Jakarta, SatuBanten – Bank Indonesia mengimbau kepada masyarakat agar tidak menukarkan uang di pinggir jalan yang marak menjelang Lebaran. BI menyarankan masyarakat untuk langsung menukarkan uang langsung lewat bank.
.
Menurut Rahmat Dwisaputra ada beberapa risiko yang akan dihadapi masyarakat jika melakukan penukaran uang di luar perbankan seperti di jasa penukaran uang pecahan di pinggir-pinggir jalan.

“Jika menukar di pinggir jalan, masyarakat akan dikenai biaya penukaran uang sehingga jumlah uang pecahan yang diterima akan lebih sedikit dari nominal uang yang ditukarkan.Selain itu, masyarakat juga berisiko mendapatkan uang palsu dari jasa-jasa penukaran uang yang tidak resmi tersebut,” ungkapnya.

Hal ini diungkapkannya saat peluncuran program Serambi (Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri) yang merupakan kegiatan rutin tahunan BI setiap menyambut Ramadhan dan Lebaran. Program Serambi merupakan rangkaian kegiatan pemenuhan kebutuhan uang rupiah dan layanan kas kepada masyarakat periode Ramadhan dan Lebaran 1444 Hijriah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap uang pecahan kecil. (***)

Comments are closed.