Bersama USAID MOMENTUM Banten, Dinkes Kota Serang Lakukan Diseminasi Hasil Resource Mapping Kesiapan ILP Tingkat Puskesmas

22

Serang,Satubanten.com-  Pemerintah Kota Serang melalui Dinas Kesehatan Kota Serang menggelar acara Diseminasi Hasil Analisa Pemetaan Sumber Daya Integrasi Layanan Primer (ILP), bertempat di Aula Dinkes Kota Serang, Jum’at (8/12/23). Acara ini diselenggarakan secara daring melalui zoom meeting dan luring (Hybrid).

Kepala Dinas kesehatan kota Serang A. Hasanuddin mengapresiasi atas inisiatif dan kerja sama dari USAID MOMENTUM Banten. Ia menuturkan akan bersinergi dan mendukung akan kegiatan ini nantinya kedepan.

Kota Serang sendiri akan mulai mengimplementasikan ILP sesuai dengan Petunjuk Pelaksanaan ILP KMK No. 2015 Tahun 2023.

Pada bulan Agustus 2023, Kementerian Kesehatan meluncurkan Program Integrasi Pelayanan Primer yang berfokus pada: Siklus Hidup sebagai fokus pelayanan; Mendekatkan layanan kesehatan melalui jejaring hingga desa/kelurahan dan dusun/RW/RT; dan Memperkuat Pemantauan Wilayah Setempat (PWS).

Untuk itu dibutuhkan peran lintas sektor dalam menyukseskan implementasi Integrasi Layanan Primer (ILP) sesuai tugas dan fungsi. Sekertaris Dinas Sosial (dr.Awang) dalam urun pendapat mengutarakan bentuk pelayanan yang bisa berhubungan dengan ILP. Hal senada juga disampaikan oleh undangan dari KEMENAG, untuk menyukseskan ILP keberadaan kelompok kerja penyuluh (POKJA SULUH) yang bertugas untuk pendampingan calon pengantin bisa dimaksimalkan karena calon pengantin masuk dalam layanan kluster 2 dan 3 pada ILP.

Acara ini turut dihadiri oleh Senior Program Manager USAID MOMENTUM BANTEN. Astried Raintung S.Psi, MPH (yang duduk di depan mendampingi Sekdis dan KADIS), MEL Spesialis USAID MOMENTUM BANTEN, Irwan Rudiansyah, Program Coordinator USAID MOMENTUM BANTEN, Sari Cahyati, Primary Health Care Specialist USAID MOMENTUM BANTEN, Rahman Muttaqqin serta beberapa OPD yang berkaitan dengan ILP ini. (**)

Comments are closed.