Mulai Nanti Malam, Berikut Ini Kota Yang Akan Alami Pemutusan Siaran TV Analog Oleh Pemerintah

35

Jakarta, Satubanten.com — Menurut keputusan pemutusan stasiun televisi analok akan diberlakukan pada jam 24.00 Wib atau tepatnya pada sabtu tengah malam di delapan kabupaten atau tiga propinsi.

Meski sebelumnya diketahui bahwa kominfo akan melakukan program Analog Switch Off (ASO) tahap I di 56 wilayah siaran atau 166 kabupaten/kota pada tahap I.

Johnny G. Plate selaku Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) menyebutkan pada tahap I akan berlangsung di tiga wilayah siaran yang terdiri dari enam kabupaten dan dua kota, hal ini disampaikan pada jumat lalu di Tangerang.

“Sesuai jadwal, penghentian tetap akan dimulai pada tanggal 30 April Tahun 2022 Pukul 24.00 atau besok malam,” ujar dia, pada Konferensi Pers Kick Off ASO Tahap I di Base Penerbangan TNI AD, Pondok Cabe, Tangerang Selatan

Tiga wilayah siaran itu antara lain wilayah siaran Riau-4, yang terdiri dari Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, dan Kab. Meranti, wilayah siaran Nusa Tenggara Timur-3 di Kabupaten Timor Tengah Utara, Belu, dan Malaka. Wilayah siaran Papua Barat-1, yakni Kota Sorong dan Kabupaten Sorong.

Jonny menjelaskan peraiapan pada tahap ini seperti infrastruktur multiplexing (MUX) alias siaran digital telah selesai dan siap digunakan.

“Untuk penghentian tetap siaran analog tahap II dan tahap III masih perlu dibangun 32 infrastruktur multiplexing,” ujar Johnny.

“TVRI akan menyelesaikan pembangunan 17 infrastruktur dan Kominfo menyelesaikan 15 infrastruktur multiplexing,” ujarnya.(Sbs/Mhs)

Comments are closed.