Beredar Penipuan Mengatas Namakan Panwaslu, Berikut Cara Apabila Terlanjur Mengklik File APK

31

Tangerang, Satubanten – Beredar modus Penipuan melalui pesan singkat Whatsap dengan pengungguhan file berformat (Android Package Kit) APK.

Diketahui modus pengiriman file APK ini mengatas namakan dari pihak penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Dimana banyak dari panitia dan masyarakat yang mneyebarkan pemberitahuna adanya modus penipuan melalui pesan Whatsap dengan file APK.

Akus tersebut diketahui mengirim file APK dengan file bernama PPS Pemilu 2024.

Modus seperti ini sebenarnya sudah sering terjadi dimana setelah korban mengklik dan mendownload APK tersebut maka pelaku dapat memanipulasi data kita bahkan mampu menguras isi rekening korban.

Jika diketahui telah mengklik file tersebut langkah yang paling baik adalah :

1. Matikan Paket Data HP

Segera mematikan paket data pada ponsel, hal ini dapat meminimalkan risiko akses pihak yang tidak bertanggung jawab ke data pribadi.

2. Copot Kartu SIM

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada transaksi yang diakses melalui nomor ponsel.

3. Hubungi Bank Jika Punya M-Banking

Bagi pengguna layanan mobile banking (m-banking), segera hubungi bank terkait. Beritahu pihak bank tentang situasi yang terjadi agar mereka dapat mengambil langkah-langkah pencegahan dan membantu untuk melindungi rekening dari potensi pencurian uang.

4. Restart HP atau Kembalikan ke Setelan Pabrik

Langkah terakhir yang dapat diambil adalah me-restart ponsel atau mengembalikannya ke setelan pabrik. Hal ini bertujuan untuk menghapus semua data yang telah termuat didalam perangkat hanepone.

Comments are closed.