Baznas Distribusikan Zakat Fitrah, H M. Acang : Zakat Mensejahtrakan Umat

81

Pandeglang, Satubanten.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pandeglang mendistribusikan zakat fitrah tahun 1443 hijriyah kepada masyarakat Pandeglang. Ketua Baznas Pandeglang H.M Acang mengatakan, zakat fitrah dapat mensejahterakan umat jika didistribusikan secara merata.

“Jika kita cinta zakat, berarti kita ikut mensejahtrakan umat, karena zakat yang kita salurkan saat ini merukan titipan dari Bapak ibu semua dapat membantu masyarakat”, demikian dikatakan H.M Acang pada kegiatan pendistribusian zakat fitrah di Pendopo Pandeglang, Kamis (28/4/2022).

Untuk permohonan zakat fitrah tahun ini yang masuk ke Baznas kurang lebih 1.850 orang, jumlah ini kata H.M Acang selalu tetap tiap tahun nya bahkan bisa lebih.

“Sedangkan penerimaan zakat fitrah sejak dua tahun terakhir ada penurunan, tapi tetap kita akomodir semua walaupun porsinya menyesuaikan”, ungkapya.

Dikatakan H.M Acang, penerimaañ zakat fitrah tahun ini kurang lebih 320 juta dari target 500 juta. Menurutnya, penurunan tersebut selain dampak pandemi covid juga banyak nya ASN yang pensiun.

“Memang sebelum pandemi kita pernah melampaui target mencapai 500 juta lebih, tapi setelah dua tahun pandemi terus menurun hingga tahun ini, ditambah lagi banyak ASN pensiun karena sumber zakat fitrah persentasenya cukup banyak dari ASN”,pungkasnya.

Masih kata H.M Acang, pihaknya meyakini jika potensi Zakat Fitrah di Pandeglang sangat besar untuk dapat mensejahterakan masyarakat jika pendistribusiannya merata.

“Semoga kepercayaan masyarakat terus meningkat untuk mempercayakan pengelolaannya kepada Baznas agar pendistribusiaannya merata”, pungkasnya.

Ia juga mengatakan, jika pengelolaan administrasi zakat fitrah kedepan akan ditata lebih rapih. Kata dia, masyarakat yang menyalurkan zakitrahnya ke masjid dan mushola pun akan melaporkan pengaadministrasian ke Baznas walaupun otoritas pengelolaannya diserahkan kepaa masing – masing.

“Yang masuk ke kita hanya laporannya saja, pengelolaannya oleh pihak DKM Masjid dan Mushola, ini untuk laporan kita ke Baznas pusat”, tandasnya.

Sementara Pj Sekda Pandeglang Taufik Hidayat mengatakan, pihaknya sangat mendorong baik Asn maupun masyarakat umum lainnya, menyalurkan zakat fitrahnya melalui Baznas.

“Dengan menyalurkan melalui Baznas, pendistribusian akan merata sehingga tidak bertumpuk di satu titik”, katanya.

Ia berharap, kedepan Baznas harus dapat menggandeng pihak swasta khususnya perusahaan yang ada di Pandeglang dalam penyaluran zakat.

“Tapi koordinasiya harus dilakukan diawal tahun anggaran,agar dapat direncanakan sebelumnya sebelum penyaluran zakat fitrah”, imbuhnya.

Comments are closed.