Bappeda Pandeglang dan Yayasan Cipta Gelar Lokakarya Untuk Turunkan Stunting

11

Pandeglang, Satubanten – Dalam upaya percepatan penurunan Stunting di Kabupaten Pandeglang, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pandeglang dan Yayasan Cipta Gelar lokakarya aksi 6 manajemen data dan pengetahuan dalam upaya percepatan penurunan stunting di Kabuapten Pandeglang, Senin 25 September 2023 di aula MPP Pandeglang.

Kepala Bappeda Kabupaten Pandeglang Kurnia Satriawan mengatakan, pentingnya sistem manajemen data dalam pencegahan dan penurunan stunting.

“Dengan sistem manajemen data, yaitu untuk memperkuat sistem-sistem yang sudah ada di Organisasi Perangkat Daerah, guna meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas maupun kualitas data tentang intervensi stunting yang terintegrasi,” kata Kurnia.

Menurut Kurnia, sebagai salah satu langkah penting untuk memastikan pelaksanaan kegiatan intervensi penurunan stunting dapat dilakukan secara konvergen dan dilihat secara utuh capaian yang sudah dilakukan Kabupaten Pandeglang.

“Untuk itu, sangat diperlukan komunikasi dan konvergensi terkait kebutuhan data dan data baik data sasaran, data capaian, dan data rencana yang akan dilakukan oleh setiap OPD. Sehingga data tersebut dapat disajikan dan diinput secara utuh ke Aksi Bangda Kemendagri,” katanya.

Sementara itu, Maksudi DO Yayasan Cipta mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah identifikasi masalah manajemen data, dan aksi konvergensi penanggung jawab data atau operator di masing- masing OPD.

“Harus ada komitmen tupoksi yang disepakati masing- masing OPD, untuk kebutuhan data 8 aksi konvergensi,” ujarnya.

Untuk itu, kata Maksudi Yayasan Cipta bersama dengan Pemerintah Kabupaten Pandeglang dengan dukungan Tanoto Foundation, USAID, Amman Mineral Nusa Tenggara, Yayasan Bakti Barito, dan Bank Central Asia akan kembali merencanakan Lokakarya Aksi 6 Manajemen Data dan Pengetahuan Stunting.

“Kita berharap ketersediaan data dapat disiapkan oleh semua OPD atau tim TPPS Kabupaten Pandeglang, dengan mudah dan secara tupoksi dari masing- masing OPD sehingga sudah ada penanggungjawab terkait kebutuhan data yang harus diinput dalam asksi bangda kemendagri. Sehingga dengan demikian percepatan penurunan stunting di kabupaten pandeglang terdokumentasikan dengan baik dan dapat mensuport dalam percepatan penurunan stunting,” katanya.

Comments are closed.