Ban Motor Habis Sebelah? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

178

Tangerang,Satubanten.com – para pemilik kendaraan pasti sudah sering menjumpai atau menemui kendaraan roda dua yang ban depanya habis sebelah.

Nah masalah ini biasanya dialami oleh kendaraan yang mengalami kerusakan pada kaki kaki dimana membawa kerusakan pada bagian ban.

Salah satu pemilik bengkel kendaraan roda dua ipong menjelaskan bahwa ban lendaraan yang habis sebelah biasanya dikarenakan kaki kaki yang bermasalah seprti suspensi.

“Suspensi yang bocor sebelah atau tidak seimbang biasanya jadi penyebabnya”ungkap ipong

Kinerja suspensi depan yang tidak seimbang ini disebabkan karena adanya kerusakan.

Misalnya salah satu suspensi depan rembes sebelah akibat kerusakan pada sil,” ujar pria yang akrab disapa Ipong

“Atau bisa juga per suspensi mulai lemah, kalau dibiarkan itu bisa menyebabkan ban depan motor matic habis sebelah,” tambahnya.

Ia juga mengatakan karena takaran oli suspensi yang enggak seimbang antara bagian kanan dan kiri bisa menyebabkan ban aus sebelah.

Makanya, perlu dilakukan pemeriksaan pada komponen suspensi jika ban motor terlihat habis tidak merata.

“Jadi ban depan motor matic habis sebelah itu jadi indikasi ada kerusakan pada suspensi depan tapi dibiarkan lama,” tuturnya saat ditemui di bengkel miliknya.

Jika mengalami hal tersebut, jangan dibiarkan terlalu lama karena bisa membuat kerusakan pada sok menjadi lebih parah dan mengganggu pengendalian motor.

Comments are closed.