Asia Dapat Jatah 8 Setengah Pada Piala Dunia 2026, Kesempatan Indonesia?

74

Satubanten.com- Perubahan jumlah peserta akan terjadi di putaran final Piala Dunia 2026 mendatang. Sebagaimana diketahui, saat ini hanya 32 negara yang boleh melaju ke putaran final Piala Dunia. Namun, pada gelaran Piala Dunia 2026, jumlah peserta putaran final akan diperbanyak menjadi 48 negara.

Hal ini membuat Timnas Indonesia punya potensi lebih besar untuk bisa berpartisipasi dalam turnamen sepak bola paling bergengsi sedunia tersebut. Sebab, Asia berpotensi mengirimkan sembilan wakilnya di Piala Dunia 2026.

Saat ini, Asia maksimal hanya bisa mengirimkan lima wakilnya di Piala Dunia. Adapun rinciannya adalah empat negara lolos melalui jalur kualifikasi zona Asia, sedangkan satu wakil lainnya bisa berpartisipasi jika mampu memenangi play-off interkontinental.

Kendati demikian, untuk Piala Dunia 2026, Asia memiliki jatah untuk mengirimkan delapan wakilnya secara langsung ke putaran final. Jumlah tersebut bisa bertambah menjadi sembilan jika satu wakil Asia lainnya memenangi pertandingan play-off interkontinental.

Skema Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Tahap pertama kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan diikuti oleh 22 negara. Sebagai informasi, negara-negara yang mengikuti kualifikasi tahap pertama ini adalah mereka yang menempati ranking 26 sampai 47 di zona Asia.

Nantinya ke-22 negara tersebut akan diundi untuk memainkan pertandingan kandang tandang (home away). Para pemenang dari pertandingan tersebut (11 negara) berhak lolos ke babak kualifikasi tahap kedua. (**)

Comments are closed.