Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024, Pj. Bupati: Mari Ciptakan Pemilu Yang Damai, Aman, Dan Tertib

14

Lebak, Satubanten.com- Dalam rangka mendukung kesuksesan Pemilu 2024 mendatang, penting bagi semua pihak yang terkait pelaksanaan pengamanan Pemilu untuk bersinergi, baik Pemerintah Daerah, TNI/Polri, Bawaslu, KPU, Panwaslu , kontestan, partai politik, masa pendukung kontestan, media massa, serta seluruh masyarakat, sehingga Pemilu 2024 dapat berlangsung tertib, aman, dan lancar. Itulah yang disampaikan Pj. Bupati Lebak Iwan Kurniawan saat menyampaikan sambutan pada Apel Siaga Pengawasan Pemilu Tahun 2024, Jumat (24/11/2023).

“Mari ciptakan Pemilu yang damai, aman, tertib, berkualitas, dengan menjaga kekompakan dan sinergitas bersama dan menghindari konflik yang dapat menimbulkan perpecahan. Serta kepada seluruh perangkat panitia Pemilu agar terus melakukan sosialisasi mengenai tahapan Pemilu agar tidak ada pelanggaran-pelanggaran, juga terus ajak dan berikan motivasi masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya ke TPS,” jelas Iwan.

Apel yang diselenggarakan Bawaslu Kabupaten Lebak tersebut dilaksanakan di Alun-Alun Rangkasbitung, dan diikuti oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dari 28 kecamatan di Kabupaten Lebak. Selain Pj. Bupati Lebak, turut hadir perwakilan anggot Forkopimda Kabupaten Lebak, Bawaslu Provinsi Banten, Komisi Pemilihan Umum, serta perwakilan anggota partai politik.

Pada kesempatan yang sama, perwakilan Bawaslu Provinsi Banten Badru Munir menyampaikan bahwa Bawaslu bersama Panwaslu bertugas untuk mengawasi pelaksanaan pemilu dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan, serta mengawal proses demokrasi berjalan dengan lancar.

Badru pun mengingatkan kepada Bawaslu Kabupaten Lebak dan Panwaslu di masing-masing kecamatan untuk tegas dalam menegakan peraturan sesuai hukum yang berlaku selama rangkaian Pemilu 2024.

“Kembali saya mengingatkan bahwa ada perbedaan mendasar penegakan hukum antara masa sosialisasi dengan masa kampanye tanggal 28 November hingga masa tenang. Tolong sosialisasikan dan pastikan masyarakat ataupun partai politik peserta pemilu bahwa semakin dekat ke masa kampanye penegakan hukum semakin spesifik. Serta lakukan langkah preventif agar tidak terjadi konflik dan pelanggaran, serta Panwaslu selalu berkoordinasi dengan Bawaslu Lebak dan Pemda Lebak sehingga pelaksanaan dapat termonitor,” ungkapnya.
Selepas apel, turut dilaksanakan penandatangan Pakta Integritas oleh perwakilan partai politik peserta pemilu. (**)

Comments are closed.