Antisipasi Penyebaran Virus Hepatitis Baru, Dinkes Tangerang Imbau Masyarakat Untuk Waspada

67

Tangerang,Satubanten.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang meminta masyarakat agar waspada mengenai penyakit Hepatitis tipe baru yang hingga saat ini belum diketahui sumber penyebabnya ini.

Diketahui bahwa penyakit Hepatitis baru ini saat ini telah melanda berbagai negara termasuk di Indonesia sehingga kita harus tetap waspada dengan menjaga kebersihan baik lingkungan dan maupun rumah sehingga kita bisa terhindara dari penyakit.

“Tetap waspada. Cara pencegahannya dengan menjaga protokol kesehatan. Pastikan tetap pakai masker, mencuci tangan dengan bersih, memasak makanan yang matang dan dipastikan kebersihannya, dan tidak menggunakan alat makan bersamaan dengan orang lain,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Tangerang, dr. Sumihar Sihaloho

Ia juga menyampaikan bahwa para orang tua harus menyadari gejala pada anak dan harus membawa anaknya kefasilitas Kesehatan apa bila terjadi atau mengalami gejala seperti diare, mual, muntah, sakit perut mendadak disertai demam untuk segera mendapat pengobatan.

“Jangan menunggu sampai gejala berlanjut ke lebih berat seperti warna urin seperti warna teh, feses berwarna pucat, kulit dan mata kuning, terjadi pembekuan darah dan penurunan kesadaran, akan lebih sulit memberi pertolongannya,” katanya.

Pihak Dinkes saat ini juga berupaya untuk melakukan soialisai kepada seluruh fasilitas Kesehatan terkait penanganan dan pengenalan penyakit baru ini dengan mengundang narasumber yang berkualitas.

“Minggu depan akan kami sosialisasikan (tentang hepatitis akut) ke rumah sakit dan puskesmas dengan mengundang narasumber dari kementerian. Ini juga untuk memperkuat surveilans agar siap siaga merespons kejadian Acute Hepatitis Of Unknown Aetiology,” katanya.(Sbs/Mhs)

Comments are closed.