Aksi Balasan Rudal Israel Hantam Wilayah Iran

15

Satubanten.com- Israel dilaporkan telah melakukan serangan rudal terhadap sebuah wilayah di Iran pada Jumat [19/4]. Kantor berita Fars Iran melaporkan adanya ledakan di provinsi Isfahan, dengan televisi pemerintah melaporkan penundaan penerbangan di beberapa kota.

Terdapat juga laporan mengenai ledakan di Suriah dan Irak. Menurut laporan dari kantor berita resmi Iran, IRNA, serangkaian ledakan terjadi di Suriah yang menargetkan situs-situs militer. Sementara itu, di Irak, dilaporkan adanya ledakan di wilayah al-Imam di Babel.

Beberapa fasilitas nuklir berlokasi di Provinsi Isfahan, termasuk pabrik pengayaan uranium yang berada di wilayah Natanz. Otoritas Iran dilaporkan mengalihkan sejumlah penerbangan di Isfahan.

Mantan asisten menteri luar negeri AS, Mark Kimmitt, berbicara kepada BBC tentang pentingnya Isfahan dan mengapa Israel memilihnya sebagai lokasi serangan.

“Isfahan benar-benar merupakan pusat program nuklir Iran dalam hal pelatihan, penelitian, dan apa yang disebut sebagian orang sebagai pengembangan kemampuan nuklir Iran.

“Jadi kemungkinan besar Israel akan menyerangnya karena ketakutan terbesar Israel bukanlah kelanjutan misilnya [Iran] saat ini, melainkan kemampuan nuklirnya [Iran] di masa depan.” (**)

Comments are closed.