Ajang Piala Dunia 2022 Qatar Banyak Kontroversi, FIFA: Semua Tim Negara Peserta Fokus Pada Turnamen Saja

170

Satubanten.com- Ajang Piala Dunia 2022 terus diiringi kontroversi jelang bergulir. Menanggapi hal tersebut, Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) meminta semua tim negara peserta berfokus pada turnamen saja, bukan kontroversinya.

Melalui sebuah surat yang ditulis bersama dengan Sekretaris Jenderal FIFA, Fatma Samoura, Infantino menegaskan semua tim negara peserta harus fokus pada turnamen saja. FIFA, melalui Infantino dan Samoura, meminta tim tidak terlibat dengan hal-hal politis.

“Tolong, sekarang mari kita fokus pada sepak bola! Kami tahu sepak bola tidak hidup dalam ruang hampa dan kami sama-sama sadar bahwa ada banyak tantangan dan kesulitan yang bersifat politik di seluruh dunia,” tulis Infantino dan Samoura dalam surat tersebut, dikutip dari Goal Internasional, Jumat (4/11/2022).

FIFA juga meminta kepada tim-tim beserta semua yang terlibat saling menaruh hormat satu sama lain. FIFA, masih melalui surat tersebut, juga meminta inklusivitas tercipta pada turnamen yang digelar di Qatar itu.

“Di FIFA, kami mencoba untuk menghormati semua pendapat dan keyakinan, tanpa memberikan pelajaran moral ke seluruh dunia. Salah satu kekuatan besar dunia memang sangat beragam, dan jika inklusi berarti apa-apa, itu berarti menghormati keragaman itu,” sambung tulisan dalam surat itu.

“Tidak ada satu orang atau budaya atau bangsa yang ‘lebih baik’ dari yang lain. Prinsip ini adalah batu fondasi yang paling mendasar dari saling menghormati dan non-diskriminasi. Dan ini juga salah satu nilai inti sepak bola,” sambungnya lagi. (**)

Comments are closed.