AFJ F.A.I.R, Festival Pertama di Yogyakarta Yang Mengangkat Isu Kesejahteraan Ayam Petelur

337

Satubanten.com- Animal Friends Jogja akan menghelat sebuah acara bertajuk AFJ F.A.I.R: Sedulur Care pada 25 Februari 2023 di Plataran Playon, Prawirotaman, Yogyakarta. Acara yang menyuarakan kesejahteraan ayam petelur ini akan menyuguhkan talkshow, bazaar dari restoran yang telah berkomitmen bebas kandang baterai serta restoran vegan, usaha-usaha yang berkelanjutan bagi lingkungan, serta penampilan musik dari musisi-musisi ternama di Indonesia.

AFJ F.A.I.R atau Animal Friends Jogja Farmed Animals Initiative Response direncanakan untuk menjadi acara tahunan, dengan mengambil Sedulur Care (Semua Dukung Telur Cage-Free) sebagai tema pertama di tahun 2023. Acara ini akan memperkenalkan pelaku usaha dan peternak yang sudah berkomitmen beralih menggunakan dan/atau memproduksi telur cage-free (telur non-kandang baterai), mempertemukan mereka dengan perusahaan dan peternak yang belum beralih menggunakan dan/atau memproduksi telur cage-free dan sekaligus penjangkauan publik.

Talkshow dengan tajuk “Peran Perusahaan dan Peternak Menuju Indonesia Bebas Kandang Baterai 2030” menjadi salah satu kegiatan penting dalam rangkaian acara AFJ F.A.I.R karena merupakan lanjutan dari diskusi-diskusi yang AFJ adakan sebelumnya dengan peternak dan juga pemerintah sejak tahun 2021 dan 2022 lalu. Sesuai dengan tajuk, talkshow ini akan mendatangkan pemilik usaha yang telah berkomitmen bebas kandang baterai dan peternak yang telah menerapkan sistem cage-free, pemerintah, akademisi, perwakilan Lembaga Konsumen, serta organisasi terkait sebagai pembicara..

Dimaksudkan untuk menjangkau semua kalangan, AFJ F.A.I.R tak hanya menampilkan talkshow, melainkan juga bazaar dengan berbagai tenants dari restoran-restoran yang telah berkomitmen menggunakan telur bebas kandang baterai, restoran vegan, berbagai usaha yang berkelanjutan bagi lingkungan, dan booths hiburan. Ada pula penampilan musik dari Frau dan Fajar Merah sebagai penampil utama, serta Original Jrenxx, Anggi Satoko, Nyiur, dan SP Squad yang juga turut memeriahkan acara.

“Kami ingin menunjukkan kepada para pemilik usaha yang masih menggunakan telur dari kandang baterai bahwa banyak perusahaan-perusahaan yang sudah berkomitmen, dan sudah terbukti, ini sama sekali bukan hal yang mustahil untuk dilakukan,” terang Elly Mangunsong, Corporate Outreach Manager Animal Friends Jogja.

“Dengan adanya komitmen bebas kandang baterai dari perusahaan, para peternak yang masih menerapkan sistem kandang baterai juga bisa melihat bahwa ada demand dari perusahaan untuk memasok telur dari peternakan cage-free,” lanjut Elly Mangunsong.

AFJ telah menyuarakan isu kesejahteraan satwa, khususnya satwa yang diternakkan, termasuk ayam petelur sejak tahun 2016. Diharapkan, acara ini dapat menjadi media penyadartahuan dan edukasi yang menarik bagi berbagai pihak, termasuk tentunya masyarakat umum. Ayo, semua dukung dan ramaikan AFJ F.A.I.R, siapapun bisa hadir dan menikmati acara ini TANPA DIPUNGUT BIAYA!  (Sbs/AFJ FA Comms)

Comments are closed.