2024, Pertalite Hilang Digantikan Pertamax Green 92

31

Tangerang, Satubanten – Dikabarkan bahwa Pertalite (RON 90) rencananya akan dihapus pada tahun depan alias 2024. dimana pengganti dari bahan bakat Pertalite adalah Pertamax Green 92.

Diketahui bahwa jenis BBM ini sendiri merupakan campuran antara Pertalite dengan etanol 7 persen atau (E7). Keputusan penghapusan ini dilakukan oleh PT Pertamina (Persero) yang berlandaskan peraturan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan keputusan tersebut sejalan dengan program Langit Biru.

“Ini sesuai dengan program Langit Biru tahap dua, dimana BBM subsidi kita naikan dari RON 90 jadi RON 92. Karena aturan KLHK, octane number yang boleh dijual di Indonesia minimum 91,” ujarnya mengutip dari kanal News Liputan6.

Ia juga menjelaskan Pertamax Green 92 yang akan mengganti jenis BBM Pertalite. Adapun barang subsidi jenis BBM khusus penugasan (JBKP) yang harganya akan diatur oleh pemerintah di luar fluktuasi harga minyak mentah dunia.

“Pertamax Green 92 harganya pun tentu ini adalah regulated. Tidak mungkin yang namanya JBKP harganya diserahkan ke pasar karena ada mekanisme subsidi atau kompensasi di dalamnya,” ujarnya.

Tak hanya itu saja, Pertamina juga berencana untuk memasarkan Pertamax Green 95, di mana merupakan BBM campuran Pertamax (RON 92) dengan etanol 8 persen, dimana pada tahun 2024 nantinya pertamina akan menjual 3 jenis BBM yakni Pertamax Green 92, Pertamax Green 95, dan Pertamax Turbo (RON 98).

Comments are closed.