2.092 Atlet Pelajar Akan Perebutkan 1.010 Medali di Kejuaraan POPDA ke-XI Banten 2024

16

Satubanten.com- Ribuan atlet pelajar dari berbagai cabang olahraga (cabor) perwakilan kabupaten/kota di Provinsi Banten akan bertanding dalam kompetisi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) ke-XI Provinsi Banten 2024 di Kota Tangerang selaku tuan rumah. POPDA Banten 2024 akan memperebutkan 1.010 medali.

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar resmi membuka POPDA ke-XI Provinsi Banten 2024 di Stadion Benteng Reborn, Kota Tangerang, Sabtu (8/6/2024) malam. Kompetisi ini katanya, menjadi sarana evaluasi proses pembinaan olahraga pelajar hingga sarana menjalin persatuan dan kesatuan antar pelajar se-Provinsi Banten.

“Selamat mengikuti kejuaraan POPDA ini dan semoga kalian bisa mendapatkan prestasi terbaik. Jadikan ini sebagai wadah aktualisasi prestasi kalian,” ungkap Al Muktabar.

Ada 2.092 atlet perwakilan kontingen kabupaten/kota di Banten yang ikut POPDA XI, di antaranya Kota Tangerang mengutus 372 atlet, kontingen Kota Tangerang Selatan 317 atlet,  Kota Cilegon 254 atlet, Kota Serang 237 atlet dan kontingen Kabupaten Pandeglang 254 atlet. Selanjutnya dari kontingen Kabupaten Serang ada 167 atlet, Kabupaten Lebak mengirim 238 atlet dan Kabupaten Tangerang sebanyak 253 atlet.

Al Muktabar berpesan kepada para atlet yang akan bertanding untuk tetap mengedepankan sportifitas sehingga mampu menguatkan mental para atlet untuk dapat bertanding dalam semua keadaan. “Gantungkan cita-cita kalian setinggi mungkin dan torehkan prestasi terbaikmu, karena hal itu bisa menjadi bekal ke depannya,” katanya.

Kegiatan POPDA ini dipersiapkan untuk menjaring atlet generasi muda untuk menjadi olahragawan terbaik, serta yang nantinya akan menjadi perwakilan Provinsi Banten pada tingkat nasional.

“Kita berharap dari bibit-bibit ini dapat lahir olahragawan terbaik kita yang bisa berkiprah hingga tingkat internasional,” imbuhnya.

Perebutkan 1.010 medali dari 283 kelas tanding untuk 25 cabor

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Banten yang juga Ketua Steering Committee Ahmad Syaukani mengatakan, POPDA ke-XI Banten ini akan berlangsung selama enam hari ke depan dimulai pada 8 sampai 13 Juni 2024.

Ada 25 cabor yang dipertandingkan dengan 285 kelas tanding yang akan diramaikan oleh pelajar se-Provinsi Banten dengan jumlah medali yang diperebutkan sebanyak 1.010 medali, terdiri dari 291 medali emas, 291 medali perak dan 428 medali perunggu.

“Para peserta adalah para pelajar, baik tingkat SD, SLTP maupun SLTA atau sederajat se-Provinsi Banten,” ujarnya. Namun dikatakannya, terdapat cabor yang telah memulai pertandingan pada Rabu 5 Juni lalu, yakni pencak silat, sepak bola dan yang lainnya.

Venue pertandingan yang digunakan pada POPDA ke-XI Provinsi Banten menggunakan venue terbesar di seluruh wilayah Kota Tangerang. Sebanyak 24 venue disiapkan dan sudah layak serta memenuhi standar untuk melaksanakan pertandingan di setiap cabang olahraga, di antaranya lintasan atletik Stadion Benteng Reborn, GOR Dimyati Kota Tangerang, Mall Balekota, Taman Dayung, Sport Center Gondrong, GOR Nambo Jaya dan lainnya.

Syaukani menjelaskan, pelaksanaan POPDA XI Provinsi Banten ini menjadi salah satu upaya dalam mendukung peningkatan pembinaan prestasi olahraga pelajar serta mempersiapkan calon atlet terbaik menjadi olahragawan pelajar andalan di Provinsi Banten

“Tujuan penyelenggaraan POPDA XI Provinsi Banten tahun 2024 ini untuk menjaring bibit-bibit atlet potensial yang dipersiapkan untuk PRA-POPNAS Wilayah III tahun 2024 di Kota Solo, Jawa Tengah serta pada POPNAS XVIII tahun 2025 di Provinsi Sumatera Utara dan Aceh,” pungkasnya. (**)

Comments are closed.