Aspirasi Rakyat dan Terpercaya

WH Instruksikan Penanganan Banjir dan Tanah Longsor Sesegera Mungkin

Rangkas Bitung (7/12/2019), SatuBanten – Jalur jalan ke objek wisata negeri di atas awan di Citorek Banten saat ini tertutup setelah banjir dan longsor menerjang permukiman warga di Citorek, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten, Jumat (6/12/2019).

Ketua Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Kaprawi mengatakan, di Citorek yang meliputi lima desa, banjir merendam puluhan rumah, jembatan putus, dan longsor di beberapa titik. Akibatnya, akses ke permukiman dan objek wisata negeri di atas awan Gunung Luhur, tertutup dan tidak bisa dilalui. “Jembatan yang menghubungkan Cipulus dan Ciusul terputus tidak bisa lalui, akses jalan juga tertutup longsor bongkahan batu,” kata Kaprawi saat dihubungi SatuBanten.com, Sabtu (7/12/2019).

Lebih lanjut Kaprawi mengatakan, pihak BPBD Lebak dan Banten sejak Jumat malam sudah menuju ke lokasi banjir bandang di beberapa titik. Mereka melakukan pendataan dan evakuasi warga terdampak bencana. Akses jalan yang saat ini tertutup longsor juga sedang dibersihkan. Sementara untuk warga di permukiman yang jembatannya terputus, diupayakan untuk melalui jalan alternatif.

Selain di Citorek, banjir juga merendam permukiman warga di desa lain di Kecamatan Cibeber dan Kecamatan Bayah. Di Desa Cisungsang, banjir merendam belasan rumah dan memutus satu jembatan yang menghubungkan Desa Cisungsang dan Kujangsari. Sementara di Kecamatan Bayah, banjir merendam setidaknya 150 rumah di empat desa dan menyebabkan satu jembatan gantung terputus.

Sementara itu, Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) menginstruksikan agar tim BPBD Banten segera menuju lokasi bencana di Citorek Kidul dan Ciusul Kecamatan Cibeber serta Bayah dan Cisungsang, guna membantu BPBD Kabupaten Lebak dalam mengatasi keadaan.

“Saat ini Tim BPPD sudah diperintahkan agar cepat tanggap dan semua informasi di lapangan sedang dikumpulkan terkait hujan dengan intensitas tinggi yang mengakibatkan banjir dan longsor,” pungkas WH. (Agus/SBS)

You might also like
Comments
Loading...