Waspada ISPA dan Diare Di Musim Penghujan

Serang, (30/01/2019) Satubanten.com – Inspeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan diare merupakan dua penyakit yang meningkat disaat musim penghujan datang.

“ISPA dan diare yang memang kalau pada musim penghujan ini menjadi suatu penyakit yang angkanya lebih meningkat dibandingkan pada musim-musim yang lebih tenang,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Tidak Menular Dinas Kesehatan Kota Serang Teja Ratri.

Menurutnya, saat ini di Indonesia pola penyakit menular sudah mulai tergeser oleh pola penyakit tidak menular. Meskipun begitu, untuk penyakit tidak menular tetap ada pengawasannya.

“Itu memang kita ada pengawasan dan laporannya, sehingga apabila terjadi peningkatan kasus seperti itu bisa terawasi,” katanya.

Sedangkan untuk pengobatannya, ada empat pilar pencegahan, yaitu, promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif. “Kami lebih menekankan pada preventif atau pencegahan. Tentunya dengan pola hidup bersih dan sehat,” ujarnya.

Ada macam-macam hal yang tampaknya sederhana, misalkan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dengan 7 langkah cuci tangan yang merupakan salah satu program Dinas Kesehatan (Dinkes).

“Kemudian menggunakan air yang bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Selanjutnya sanitasi higiene dan sanitasi MCK. Namun yang perlu diperhatikan adalah pengolahan makanan. Karena semua bersumber dari makanan,” katanya. (SBS/Q-029)

You might also like
Comments
Loading...