Waspada Badai La Nina, Pemkab Pandeglang Lakukan Mitigasi Bencana

PANDEGLANG, Satubanten.com – Salah bencana alam yang kini mengintai daerah Banten teruutam,a Kabupaten Pandeglang adanya dampak dari Badai La Nina. Menurut informasi informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dampak iklim La Nina akan berkembang dan terasa sejal Oktober hingga Maret 2021.

Untuk mengantisipasi dampak dari fenomena alam tersebut, pemerintah Kabupaten Pandeglang melakukan koordinasi mitigasi bencana sejak dini melalui rapat dengan stakeholder terkait. Dalam Rapat Koordinasi (Rakor) di Oproom Setda, Kamis (5/11) tersebut, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Surya Darmawan menataklan bahwa iklim La Nina ini berpotensi menyebabkan banjir, banjir bandang, tanah longsor dan puting beliung.

“Sejauh ini badai La Nina belum pernah terjadi di Indonesia, namun kali ini terdeteksi oleh BMKG terjadi di Pandeglang dan wilah Banten sekitarnya,” tuturnya.

BACA JUGA : LA Nina Sedang Berkembang Di Samudra Pasifik, Waspadai Dampaknya Di Indonesia

Karena baru akan menghadapi dampak Badai La Nina tersebut, Surya mengungkapkan bahwa ada beberapa langkah yang harus dilaklukan diantaranya yakni pemetaan lokasi, persiapan peralatan, sosialisasi kepada masyarakat agar dapat mengantisipasi dan pemilihan lokasi untuk posko darurat serta meningkatkan kualitas SDM.

Kalo banjir mungkin bisa petakan dititik rawan banjir tahunan seperti Patia, Labuan, Panimbang, Sukaresmi dan Cikesik, untuk puting beliung yang belum dapat kita petakan untuk itu mitigasi benca ini penting,” pungkasnya.

Sementara itu PJS Bupati Pandeglang Gunawan Rusminto mengapresiasi langkah yang dilakukan pihak BPBD Pandeglang. Menurut Gunawan potensi bencana selalu ada namun waktunya yang tidak dapat diprediksi menyebabkan perlunya adanya mitigasi.

“Lakukan mitigasi bencana dengan baik, Peralatan seperti perahu karet harus selalu siap siaga, tenaga medis dan peralatan pendukung lainnya, sehingga jiga bencana terjadi semua sudah dalam keadaan siap siaga,” pungkasnya. (IBC/SBS032)

You might also like
Comments
Loading...