Warga Tidak Bawa KTP Langsung Disidang

Serang, SatuBanten- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Banten bekerjasama Dengan Pengadilan Negeri dan PNS Kota Serang menggelar Operasi Razia Gabungan Administrasi Kependudukan (KTP-elektronik) di Jalan Jenderal Sudirman, Ciceri, Kota Serang, Kamis (20/11/14). Operasi yang dilakukan untuk menyadarkan warga betapa pentingnya membawa KTP.

Terlihat ratusan masyarakat yang menggunakan kendaraan masuk ke arah parkiran gedung Pemkot Serang Lama dan diperiksa identitasnya. “Kami hanya menegakkan Perda Kota Serang Nomor 13 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Kependudukan dan Pencatatan Sipil,” ungkap Kepala Operasi Satpol PP Provinsi Banten Jamjami kepada wartawan.

Dikatakan, operasi ini untuk mengingatkan masyarakat agar sadar akan pentingnya membawa KTP. “Sadar hukumlah masyarakat kita, agar membawa KTP  saat bepergian,” jelasnya.

Warga yang tidak membawa KTP langsung dilakukan sidang tindak pidana ringan (Tipiring) untuk diberi sanksi. “Dendanya disesuaikan dengan perda, tergantung dari oknum yang bisa menghargai persidangan atau enggak. Uangnya akan dimasukkan ke kas daerah,” kata Jamjami.

Operasi KTP ini. Lanjut Jamjami, sebelumnya sudah dilakukan 5 kali di beberapa wilayah kabupaten/kota di Provinsi Banten. (005)

You might also like
Comments
Loading...