Warga Antusias Hadiri Sosialisasi Mitigasi Bencana KAMMI Cilegon

“Warga Berbondong-bondong Hadiri Sosialisasi Mitigasi Bencana yang di Gelar oleh KAMMI Cilegon”

Warga kelurahan Tamansari, Kecamatan Pulomerak berbondong-bondong hadiri kegiatan Sosialisasi Mitigasi Bencana yang diselenggarakan oleh Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim (KAMMI) kota Cilegon bekerjasama dengan badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Cilegon, Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Kota Cilegon, Remaja Islam Masjid Al-Abror dan pihak Kelurahan Tamansari di Aula Kelurahan Tamansari, Minggu (20/01)

Mukti Lestari selaku ketua panitia kegiatan tersebut berharap melalui seminar dan sosialisasi tersebut warga menjadi lebih waspada. Sehingga saat terjadi bencana, jumlah korban dapat diminimalisir.

“Besar harapan kami para warga dapat menanamkan sikap siap siaga terhadap bencana, dapat memahami prosedur mitigasi saat terjadi bencanaa dan dapat memperkecil jumlah korban jika terjadi bencana,” tuturnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Arsyil Fajri selaku Sekjend KAMMI Cilegon. Menurutnya salah satu faktor munculnya banyak korban saat terjadi bencana adalah, tidak terdistribusinya ilmu dan pemahaman yang dimiliki para orang yang berilmu (alim), kepada masyarakat.

“Salah satu faktornya ialah diamnya orang alim atau bisa dikatakan orang yang berilmu di bidang kebencanaan diam dan tidak berbagi ilmunya di bidang kebencanaan kepada masyarakat. Oleh karenanya pada kali ini KAMMI menjadi jembatan pertemuan antara warga dengan BPBD Cilegon dan TAGANA Cilegon untuk mensosialisasikan mitigasi bencana. Kemudian pasca agenda ini kita harus follow up realisasi ilmu-ilmu yang di sampaikan dari BPBD Cilegon dan TAGANA Cilegon. Tak lupa juga KAMMI mengucapkan terimakasih kepada RISMA Al-Abror dan Kelurahan Tamansari yang telah banyak membantu sehingga agenda sosialisasi mitigasi bencana ini dapat berjalan dengan baik,” tuturnya.

Dalam Sosialisasi Mitigasi Bencana tersebut, hadir sebagai pemateri antara lain Dimaz Maulana Prananda dari BPBD Cilegon dan Tb H.K. Walijaman (Waway) dari TAGANA Cilegon.

Pada kesempatan tersebut Dimaz menyampaikan bahwa potensi bencana di Cilegon cukup banyak, tidak hanya bencana alam melainkan juga bencana dari kegagalan teknologi mengingat di daerah Cilegon banyak pabrik-pabrik. Dirinya juga tidak lupa menjelaskan tips guna mengurangi dampak bencana. 

“Tip guna mengurangi bencana salah satunya berupa mempersiapkan tas khusus yang berisi kebutuhan beberapa hari dan dokumen penting sehingga ketika bencana datang masyarakat tidak banyak menghabiskan waktu dan tidak panik sehingga potensi jatuhnya korban dan kerugian dapat diminimalisir. Kemudian silahkan bapak dan ibu sekalian dari sekarang mengarsipkan dokumen-dokumen pentingnya di email,” tutur Dimaz.

Beda halnya dengan Waway dari TAGANA Cilegon. Dalam kesempatan sebagai pemateri Sosialisasi tersebut, dirinya mengajak kepada masyarakat kelurahan Tamansari untuk selektif dalam memilah informasi terkait bencana agar tidak termakan berita hoax dan menyebabkan kepanikan tidak berarti.

“Ibu-ibu kalau dapat berita bencana harus ditelusuri kebenarannya, jangan asal percaya,” ujar Waway.

Selanjutnya Waway juga memaparkan pengingnya pengetahuan tentang prosedur evakuasi bencana. Hal ini juga dapat mengurangi dampak dan korban saat terjadi bencana.

“Mencegah atau bersiap-siap terhadap bencana jauh lebih murah dibanding dengan penanggulangannya,  apalagi ditambah ketidakpahaman akan cara evakuasi bencana,” ujar Waway.

Sementara itu Kabid Ekososmas KAMMI Cilegon Ayi Rahmawati pun menuturkan bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan pembelajaran dari bencana Tsunami yang terjadi di Banten dan Lampung. Melalui sosialisasi kali ini ia berharap masyarakat akan lebih siap dan sigap dalam menghadapi bencana.

“KAMMI mengadakan sosialisasi mitigasi bencana ini karena berkaca pada Tsunami yang baru-baru ini menerjang Selat Sunda. Banyak masyarakat yang panik dan kurang terarah dalam evakuasi kebencanaan. Semoga kedepannya masyarakat jadi lebih sigap dan paham tatacara evakuasi bencana. Ada bencana? Insyallah selamat,” pungkasnya. (IBC/SBS032/rls)

You might also like
Comments
Loading...