Walikota Syafrudin Sempatkan Ziarah Ke Makam Buyut Ki Soleh Bogeg 

Serang (13/9/2019) Satubanten.com – Wali Kota Serang Syafrudin usai solat Jum’at menyempatkan diri untuk melakukan ziarah ke makam buyut Ki Soleh Bogeg. Makam tersebut berada tepat di belakang Masjid Al-Madani di lingkungan Pusat Pemerintahan Kota (Puspemkot) Serang, Jumat (13/9).

Menurutnya, ziarah ke makam merupakan salah satu cara makhluk hidup untuk bersilaturahmi kepada yang sudah meninggal. “Ini salah satu bentuk silaturahmi antara yang masih hidup ke yang sudah meninggal,” ujarnya.

Jadi, kata dia, sebenarnya ziarah itu berdoa dan mendoakan yang meninggal. “Kebetulan saya juga senang ziarah, dan kebetulan disini (Puspemkot Serang) ada makam leluhur, Ki Soleh,” katanya.

Namun, ia belum tau pasti tentang sejarah siapa sosok Ki Soleh sebenarnya. Meski begitu, ia meyakini bahwa kegiatan ziarah atau mendoakan kepada yang terdahulu merupakan salah satu tradisi yang harus dilestarikan. “iya, ini juga untuk melestarikan budaya serta adat warga Serang,” ujarnya.

Ziarah juga, kata dia, sebagai pengingat yang hidup kepada kematian. “Karena yang hidup pasti akan mati. Oleh karena itu, ziarah ini juga sebagai pengingat kematian bagi makhluk hidup, ” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Syafrudin juga menyempatkan untuk mengganti kain kafan pembungkus nisan yang sudah lusuh. “Alhamdulillah saya ganti dengan yang baru. Ini juga sebagai bentuk kepedulian terhadap makam Ki Soleh. Mudah-mudahan kita semua diberikan syafa’at,” katanya.

Meski makam tersebut sudah lama berada disana, ia mengatakan, tak banyak Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Puspemkot Serang yang mengetahuinya. Padahal setiap hari mereka melakukan sholat di masjid. (SBS)

You might also like
Comments
Loading...