Aspirasi Rakyat dan Terpercaya

Vihara Avalokitesvara, Wisata Religi yang Cocok Untuk dikunjungi

Serang (09/02/2020) SatuBanten.com – Vihara Avalokitesvara yang terletak 15 km arah utara dari Kota Serang tepatnya di Jl. Raya Serang, Banten, Kasemen, Kota Serang, Banten 42191 ini konon katanya vihara tertua di Provinsi Banten, yang sudah berdiri sejak abad 16.

Jika kita membaca kembali tentang sejarah berdirinya atau pembangunan vihara ini, pastinya tidak lepas dari salah satu tokoh penyebar Agama Islam yaitu Syarif Hidayatullah atau yang sering kita kenal dengan nama Sunan Gunung Jati.

Kenapa? Karena istri dari Sunan Gunung Jati ternyata masih memiliki darah/keturunan kaisar Tiongkok yang bernama Putri Ong Tien. Hal yang lebih kuat alasan Sunan Gunung Jati mendirikan Vihara tersebut dilihat dari banyaknya pengikut sang istri yang masih berpegang teguh pada kepercayaannya.

Sehingga pada tahun 1542 di wilayah Banten, tepatnya di Desa Dermayon dekat dengan Masjid Agung Banten berdirilah viraha tersebut. Namun, pada tahun 1774 vihara dipindahkan ke Kawasan Pamarican hingga sekarang.

Berdasarkan hasil pengamatan dilapangan oleh wartawan SatuBanten News (SBS), Vihara ini terbuka untuk umum. Maksudnya adalah bagi warga yang tidak berkepentingan untuk beribadah juga diperbolehkan untuk berkunjung dengan catatan tidak menimbulkan kegaduhan dan tidak menggangu warga yang sedang sembahyang.

Hal ini terbukti dengan berhasilnya wartawan SBS mengambil gambar dan melihat-lihat didalam lokasi. Vihara ini juga cocok untuk dijadikan sebagai objek wisata religi dan mencari referensi penelitian tentang keagamaan yang ada di Provinsi Banten.

Saat itu wartawan SBS berhasil mewawancarai salah satu pengunjung yang sedang berkunjung untuk hanya sekedar melihat-lihat. Menurutnya Vihara tersebut sangatlah indah dan kayak akan warna.

“Saya penasaran datang kesini ingin tau aja karena sebelumnya belum pernah mendatangi tempat sembahyang agama lain. Awalnya saya kira tempat ini dijaga ketat, untuk yang beda agam enggak boleh masuk. Tapi ternyata orangnya yang jaga disini baik dan ramah. Jadi saya enggak mau ngelewatin momen ini buat foto,” ujar Fauziah (23).

Selain kayak akan kental dengan budaya Tionghoa, Vihara ini juga sangat indah dan cocok untuk dijadikan tempat mengabadikan gambar. Karena kota Serang ini selain terkenal dengan wisata kuliner juga khas dengan religi serta toleransi beragama. (RR/SBS31)

Comments
Loading...