Usai Disurvey Dari Kementerian ESDM RI, Lebak Lakukan Penetapan Lokasi Warisan Geologi

Lebak,(14/01/2021)Satubanten.com – Pemkab Lebak melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) sebagai tindak lanjut setalah kedatangan tim verifikasi penetapan Warisan Geologi Kabupaten Lebak oleh Pusat Survei Geologi Kementerian ESDM RI.

Dalam forum (FGD) tersebut Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya berencana mengembangan Geosite di Kawasan Geopark Bayah Dome.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh beberapa petinggi di Lebak seperti Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi, Asisten Daerah Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Lebak, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Kabupaten Lebak serta beberapa stakeholders antara lain Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Perum Perhutani, PT. Perkebunan Nusantara VIII, PT. Cemindo Gemilang, PT. Legon Pari Mustika, dan PT. Banten Planting.

Ada setidaknya 32 usulan lokasi pada diskusi tersebut dimana saat ini status pengelolaan lahannya berada diluar penguasaan Pemerintah Kab. Lebak.

“Saya minta peran aktif dan keterlibatan secara langsung para pengelola lahan yang didalamnya terdapat warisan geologi untuk bersama-sama mewujudkan konsepsi pengembangan Geopark,” ungkap Bupati melalui siaran tertulis.

Dalam kegiatan tersebut terdapat beberapa keputusan diantaranya Pemkab Lebak bersama para stakeholders dimana disini sebagai pengelola lahan bisa bekerja sama dan bersama-sama untuk menjaga serta melestarikan Warisan Geologi (Geoheritage) dan Keanekaragaman Hayati (Biodiversity).

Para stakeholders pengelola lahan membuat rencana pengelolaan dalam pengembangan Situs Warisan Geologi (Geosite) di tiap-tiap lokasi baik yang akan dilaksanakan secara mandiri maupun dengan pola kerja sama.

Melakukan pemanfaatan Situs Warisan Geologi (Geosite) untuk pengembangan pariwisata jenis wisata alam dan wisata minat khusus penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Para stakeholders pengelola lahan berperan aktif dan terlibat secara langsung dalam menyukseskan FGD Penetapan Warisan Geologi (Geoheritage).(MHS/SBS)

 

You might also like
Comments
Loading...