Urus Pemulangan Jenazah ABK, Menlu Segera Terbang ke Seoul

Jakarta (8/12/2014) – Paska tenggelamnya Kapal Oryong 501 milik Korea Selatan yang tenggelam di Laut Bering Rusia di perairan Rusia dengan mengangkut 35 awak dari Indonesia, 13 asal Filipina dan 11 dari Korea Selatan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dijadwalkan akan terbang ke Korea Selatan, Selasa (8/12/2014).

Retno akan membicarakan pemulangan anak buah kapal (ABK) asal Indonesia yang menjadi korban di kapal tersebut. Menlu Retno mengatakan sejauh ini tim save and Resque (SAR) sudah menemukan 17 warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban.

“Kemarin ditemukan lagi dua jasad WNI. Jadi, status sampai saat ini adalah 17 orang. Tiga orang ditemukan dalam keadaan selamat, sedangkan 14 lainnya tewas,” demikian pernyataan Menlu Retno di Kantor Kementerian Luar Negeri, Senin (8/12/2014).

Menlu Retno menambahkan, sampai saat ini tim SAR berusaha untuk mengevakuasi korban kapal tenggelam menuju Busan, Korsel.

“Besok saya akan menuju ke Busan terlebih dahulu satu hari sebelum Presiden RI terbang ke sana untuk menghadiri KTT dan saya akan menggunakan kesempatan untuk bertemu dengan perusahaan pemilik kapal,” ungkapnya. (BBS/Ahmad/B01)

You might also like
Comments
Loading...