Warga Keluhkan Pengurusan e-KTP di Kota Serang

Serang, (26/08/2019) satubanten.com- KTP elektronik (KTP-el) merupakan kebutuhan dasar warga negara Indonesia, Dokumen tersebut adalah dokumen dasar yang harus dimiliki setiap warga negara. Bukan hanya sebagai pengenal identitas saja, KTP-el juga menjadi tanda pengenal digital yang terintegrasi bebagai kebutuhan umum warga negara Indonesia, Seperti pembuatan kartu ATM, SIM, tanda tangan digital berbagai akun sosial, bisnis, dan lainnya.

Dalam laman resmi Kemndagri, Tjahjo Kumolo mengatakan, “prinsipnya satu jam selesai,” namun praktik dilapangan sangat jauh dari yang diharapkan. Bahkan di Kota Serang, Ibu Kotanya Provinsi Banten, pengurusan KTP-el masih ruwet setiap tahunnya. Dari antrian berkas yang masih berantakan, kejelasan informasi dan alur yang tidak jelas, sampai warga yang berbulan-bulan belum memiliki KTP-el semenjak hari pertama perekaman identitas.

Hal ini dirasakan oleh Sarinah, warga Cipocok Jaya, Kota Serang, sudah dari bulan Mei 2019 perekaman KTP-el, namun sampai bulan Agustus 2019 masih belum selesai pembuatan KTP-el miliknya. “Iya saya sudah datang bulan Mei untuk rekam, sampai Agustus belum juga selesai, dan sekarang petugas disdukcapil Kota Serang tidak jelas memberikan informasi, bagaimana ini saya sudah empat kali bolak-balik?” jelasnya.

Menurut salah satu petugas disdukcapil Kota Serang, lamanya proses pembuatan KTP-el ini dikarenakan tidak adanya blanko KTP-el yang tersedia, “Blangkonya habis, belum ada lagi jadi warga harus menunggu” kata Iman, petugas disdukcapil Kota Serang.

Namun sampai saat ini belum ada langkah yang pasti ditempuh baik dari Disdukcapil, maupun Pemerintah Kota Serang untuk menyelesaikan pelayanan pengurusan KTP-el dan dokumen kewarganegaraan lainnya. (sbs/04)

You might also like
Comments
Loading...