UPP Labuhan Himbau Warga Harap Waspadai Gelombang Tinggi

Bayah, (07/07/2018) satubanten.com- Gempa kembali terjadi di selatan Pulau Jawa, tepatnya di 47 km tenggara Kabupaten Lebak sekitar pukul 12.23 WIB lalu pada kedalaman 6 km. Akibat gempa tersebut terjadi gelombang air laut yang cukup tinggi, dan sempat dirasakan oleh warga sekitar pantai Sawarna.

Seperti diungkapkan oleh Erwin, salah satu pegiat wisata Sawarna yang mengatakan bahwa tinggi ombak di Sawarna mencapai 3 meter. “Gelombang 3 meter, harap waspada” begitu isi pesan singkat dari Erwin melaporkan keadaan Sawarna.

Dampak gempa juga dirasakan di Pantai Bagedur, gelombang ombak juga cukup tinggi di Pantai Bagedur. “Bagedur juga besar ombaknya” begitu isi pesan singkat dari Mumu Mahmudin membenarkan pesan dari Erwin, juga seorang pegiat wisata Pantai Bagedur.

Menurut surat edaran dari Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Labuhan yang dirilis pada Rabu (04/07) tentang kewaspadaan kepada cuaca buruk. Dalam surat tersebut masyarakat diminta untuk waspada terhadap cuaca buruk, juga kepada nahkoda, operator kapal, dan seluruh perusahaan pelayaran untuk selalu siap dengan memantau informasi cuaca dari BMKG. Juga selalu mempersiapkan keamanan pelayaran dengan mengecek berbagai kelengkapan navigassi dan kelengkapan keamanan kapal lainnya.

Dalam surat edaran tersebut, Kementerian Perhubungan juga melampirkan prakiraan tinggi gelombang laut yang dirilis oleh BMKG mulai tanggal 5 Juli 2018 hingga 8 Juli 2018. Bahwa terjadi peningkatan gelombang air laut yang cukup signifikan dari tanggal 5 hingga 8 Juli 2018. Peningkatan gelombang tersebut terjadi diberbagai perairan Indonesia, terutama di Selatan Pulau Jawa hingga NTB.

Menurut prakiraan gelombang air laut dari BMKG, pada hari ini (07/07) Selatan Pulau Jawa mengalami gelombang yang cukup tinggi dengan kategori very rough sea yaitu ketinggian gelombang berkisar antara 4.0 sampai 6.0 meter. Hal ini perlu tanggapan yang cukup serius agar masyarakat terhindar dari bencana. (sbs04)

You might also like
Comments
Loading...