Untirta Gandeng Kemenpar Gelar Pelatihan Pariwisata Guna Pengembangan Desa Wisata

Serang (29/06/2019), Satubanten.com – Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNTIRTA bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata menggelar kegiatan Pelatihan Pariwisata dengan tema “Pengembangan Desa Wisata Melalui Pendampingan Dalam Rangka Fasilitasi Pelatihan Masyarakat Sadar Wisata”, Sabtu (29/06). Kegiatan ini dilaksanakan Kiara Training Center, Ciruas.

Pada pelatihan yang berlangsung sejak jam 08.30 WIB hingga 16.00 WIB ini terdapat berbagai materi seputar pariwisata yang dipaparkan, diantaranya adalah materi Sadar Wisata, Sapta Pesona, Homestay serta Pramuwisata.

BACA JUGA : Sekda Banten Membuka Acara Seminar Akselerasi Pariwisata Banten Melalui Pengembangan Desa Wisata

Rulyta M. Rachmaesa, sebagai perwakilan dari Kementerian Pariwisata bagian Asdep Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan antar Lembaga saat diwawancarai di lokasi mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan sub-bagian dari sosialisasi wisata, gerakan sadar wisata, apresiasi serta penguatan kelompok sadar wisata, pengembangan desa wisata melalui program pendampingan, serta pelatihan untuk Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) se-Indonesia.

“Harapannya semoga masyarakat desa yang didampingi oleh Universitas ini bisa lebih terekspos wisatanya, lebih maju masyarakatnya, dan menarik lebih banyak lagi wisatawan untuk berkunjung ke Desa Wisatanya,” kata Imelda melalui rilis yang diterima Satubanten News, Minggu (30/06).

BACA JUGA : Tiket Pesawat Mahal, Kesempatan Emas Jual Paket Wisata Banten

Sementara itu Mira Maulani Utami selaku Ketua Pelaksana menyatakan bahwa acara ini diselenggarakan sebagai bentuk tindak lanjut kerjasama antara UNTIRTA dengan Kementerian Pariwisata dalam rangka Pengembangan Desa Wisata. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi antara Pokdarwis, Akademisi, Pemerintah Desa, GenPI (Generasi Pesona Indonesia), serta masyarakat desa.

“Desa Wisata yang saat ini kami dampingi di Banten ada dua, di antaranya adalah Desa Banyuresmi dan Kampung Pancer di Kelurahan Banten, diperkirakan kedepannya kami juga akan menambah binaan untuk mendampingi desa wisata lainnya,” kata Mira.

Mira juga berharap setelah adanya pembekalan serta berbagai macam pelatihan, desa yang didampingi ini bisa menjadi desa-desa yang mandiri dan lebih maju lagi.

Salah satu peserta yang hadir dalam acara tersebut yakni Azmi Ryan mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada panitia pelaksana, yang telah menyelenggarakan acara yang sangat bagus, edukatif dan informatif, terutama bagi generasi millennials. Hal ini penting agar lebih sadar dan peduli lagi terhadap berbagai potensi wisata yang ada di desa dan agar masyarakat lebih semangat lagi dalam membangun serta memajukan desanya. (IBC/SBS032/rls)

You might also like
Comments
Loading...