Twitter Mata-matai Isi Smartphone Pengguna, Ini Cara Mencegahnya

Satubanten.com – Twitter bisa melihat “dalaman” ponsel pengguna khususnya aplikasi apa saja yang dipasang di perangkat user. Ketika menggunakan Twitter versi aplikasi pihak ketiga, secara otomatis jejaring sosial ini akan mengumpulkan data aplikasi apa saja yang telah diunduh.

Apa sejatinya tujuan Twitter lakukan aksi “mata-mata” ini? Adalah salah satu upaya Twitter untuk mempelajari lebih lanjut tentang basis dan kebiasaan pengguanya. Pada akhirnya, ujung dari ajang “belajar” itu adalah duit (iklan).

Dengan mempelajari lebih lanjut basis dan kebiasaan user maka Twitter bisa menghasilkan uang lebih banyak dengan menghadirkan iklan ke target yang lebih spesifik. Langkah ini membantu Twitter untuk merekomendasikan konten yang akan ditawarkan ke pengiklan.

Aksi “intip” isi ponsel ini juga mampu untuk mendongkrak jumlah pendaftar baru dan merekomendasikan akun apa saja yang relevan guna diikuti. Data-data itu berasal dari informasi yang bersumber aplikasi yang terpasang di ponsel user.

Meski demikian user tetap miliki kontrol penuh atas privasi mereka. Sebab, pengumpulan data yang dilakukan Twitter hanya bisa terjadi bila telah mendapat izin dari mereka. Jika pengguna tidak berkenan maka Twitter tidak bisa lakukan itu atau user bisa mematikan fitur tersebut.

Lantas bagaimana caranya? Untuk aplikasi Android masuk ke setting – Twitter – privacy – kemudian hapus semua opsi “Tailor Twitter based on my apps”. Dengan cara sederhana ini user tidak akan lagi diintip “dalaman” ponselnya oleh Twitter. (B02/sdm)

You might also like
Comments
Loading...