Trump : Al Baghdadi Telah Tewas

Washington (27/10/2019), SatuBanten – Presiden Amerika Serikat Donald Trump memastikan bahwa pemimpin kelompok yang menyebut diri Negara Islam atau ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi, tewas dalam operasi militer yang dilakukan oleh pasukan Amerika Serikat.

Dilansir dari BBC pada Ahad (27/10/2019), Trump mengatakan pasukan AS telah memastikan tewasnya Al Baghdadi, dalam serangan malam hari di Suriah barat laut.

“Pasukan Operasi Khusus AS melancarkan serangan malam hari yang berbahaya dan berani di Suriah barat laut dan merampungkan misi secara sempurna. Personel AS benar-benar luar biasa – saya menyaksikan sebagian besar aksi mereka,” kata Trump, Ahad (27/10/2019).

Ia menambahkan, operasi militer itu tidak sampai menelan korban di pihak AS, tetapi sejumlah pengikut Baghdadi juga tewas, termasuk anggota keluarganya.

Menurut Trump, Baghdadi bersembunyi di dalam terowongan dan membawa serta tiga anak-anak. Ia lantas dikejar oleh anjing serbu, dan kemudian meledakkan sabuk bom yang dikenakannya.

“Ia tewas setelah berlari ke terowongan buntu, merintih, menangis dan berteriak sepanjang waktu,” ujar Presiden Trump.

Pengumuman Presiden Trump ini dikeluarkan menyusul pemberitaan bahwa militer AS melaksanakan operasi terhadap, Abu Bakar al-Baghdadi.

Presiden Trump sebelumnya membagikan sebuah twit yang samar-samar, mengatakan: “Satu hal yang sangat penting baru saja terjadi”.

Beberapa pejabat yang dikutip secara anonim oleh berbagai media sebelumnya mengatakan pasukan AS menyasar pemimpin militan itu dalam serangan di barat laut Suriah pada hari Sabtu.

Pemimpin ISIS itu sebelumnya pernah dilaporkan tewas, namun laporan tersebut keliru. (RUS/SBS)

Comments
Loading...