Tracival 2020 Ditutup Dengan Kegiatan Webinar Nasional

Serang (18/10/2020) SatuBanten.com – UKM Tirtayasa Research and Academic Society (TRAS) Untirta mengadakan webinar nasional tentang Beasiswa ke Jepang. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Tracival tahun 2020. Sebelumnya dua puluh finalis dari berbagai kampus di seluruh Indonesia telah mempresentasikan karya nya di hadapan dewan Juri.

Webinar diisi oleh tiga penerima beasiswa pendidikan ke Jepang yaitu Ratif Dwi Fardilah, S.Pd., Ahmad Firdaus, S.Pd., M.Math., dan alumni sekaligus mahasiswa Berprestasi UNTIRTA tahun 2012 Idho Meilano, S.E. Kegiatan ini dilaksanakan secara Daring melalui platform zoom meeting dan Live Streaming di Akun Youtube TRAS UNTIRTA. Hadir secara daring sekitar 200-an peserta yang berasal dari berbagai kampus di Indonesia.

Dalam sambutannya Ketua Umum TRAS, Wahyudin mengatakan kebanggannya kegiatan TRACIVAL 2020 dapat mengundang hampir 200 peserta untuk dapat menerima materi tentang beasiswa ke Jepang. TRAS sebagai UKM yang bergerak di bidang penelitian dan penalaran di UNTIRTA diharapkan menjadi pionir bagi mahasiswa untuk bisa berprestasi.

Hal ini senada dengan yang dikatakan oleh Wakil Rektor III UNTIRTA yang mengatakan bahwa TRAS sebagai garda terdepan peningkatan prestasi mahasiswa dan menyiapkan generasi muda yang memiliki jiwa inovatif dan mengembangkannya dalam penelitian.

Pembina TRAS UNTIRTA berpesan agar kegiatan ini dijadikan sebagai penyemangat bagi peserta untuk mempersiapkan diri mendaftar beasiswa. “Kegiatan ini akan membahas tips dan trik memperoleh beasiswa ke Jepang, sehingga diharapkan peserta dapat memperhatikan dengan baik materi yang disampaikan,” Lanjut Ria Sudiana dalam sambutannya.

Dalam materinya Ahmad Firdaus memberikan semangat kepada peserta agar tidak mudah menyerah dalam mendaftar beasiswa keluar negeri. “Hasil hari ini merupakan buah dari masa lalu dan apa yang dilakukan hari ini adalah cerminan masa depan,” pesan Ahmad Firdaus kepada peserta webinar.

Kegiatan ini diakhiri dengan pengumuman juara Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional TRACIVAL 2020. Pemenang dibagi sesuai dengan sub-tema yang ada yaitu Soshum Literatur, Soshum Research, Saintek Literatur, dan Saintek Research. Kategori Soshum Literatur dimenangkan oleh tim yang berasal dari PKN STAN yang diketuai oleh Supyan Rahman.

Kategori Saintek Literatur dimenangkan oleh tim yang diketuai oleh Thomas Goldy dari Universitas Gajah Mada. Kategori Saintek Reasearch juara 1 dimenangkan oleh tim dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang diketuai oleh Khoirunnisa Amartya, dan kategori soshum research dimenangkan oleh UNAIR yang diketuai oleh Noery Ratu. (RR/SBS31)

You might also like
Comments
Loading...