Tips-tips Menentukan Judul Yang Baik Dalam Sebuah Karangan

Oleh: Mohamad Azis, Mahasiswa Jurusan Pendidikan agama Islam, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten

OPINI satubanten.com – Apa yang anda liat pertama kali ketika menemukan karangan atau tulisan?

JUDUL!
Judul merupakan sebuah komponen yang terletak tampak pertama kali yang di lihat dan dibaca oleh seorang pembaca.Bahkan hampir semua karangan atau tulisan memiliki judul yang baik,Karena judul merupakan sebuah gambaran utama dari suatu karangan atau tulisan yang di liat seorang pembaca.

Pada Umumnya judul tidak harus di tetapkan terlebih dahulu sebelum menulis karangan,Adakalanya judul pun ditentukan setelah penulis menyelesaikan tulisannya.karena tidak jarang penulis mengubah dan menyesuaikan judul dengan opini yang dituangkan dalam tulisan.Hal ini agar berguna agar Judul dan isi sebuah karangan saling berkaitan.

Hal yang seperti ini Bisa memberikan Nilai lebih dalam sebuah karangan agar si pembaca mampu menyesaikan atau membaca karangan tersebut dari judul sampai akhir karangan.dan pada akhirnya si pembaca memberikan nilai positif dan menyebarluaskan karangan yang dibacannya.Maka dari itu penepatan judul harus baik dan menarik dan juga sesuai dengan isi yang d bahas.

Nah maka dari itu saya akan memberikan Beberapa tips beserta penjelasannya untuk menentukan judul yang baik dalam sebuah karangan atau tulisan.Diantarannya adalah:

1. JELAS
Sebuah karangan atau tulisan harus memiliki judul yang jelas maknanya.karena faktor utama kejelasaan dalam karangan dari judul,menggunakan kalimat dan kata yang mudah dimengerti oleh pembaca agar tertarik dengan isinya. Karena penngunaan kata yang ambigu maupun sulit di pahami dapat membingungkan pembaca.

2. SPESIFIK DAN MENARIK
Sebaiknya sebuah judul menngunakan kata yang bersifat Khusus,Menarik.
Bersifat Khusus dan Menarik ini maksudnya judul harus memiliki makna yang spesifik dan juga khusus yang berhubungan dengan isi karangannya karena selain mendapatkan nilai lebih dari si pembaca, karangan tersebut pun sering dibaca dan disebarluaskan ke kerabat maupun teman-temannya.jangan sampai judul yang dibuat tidak sesuai atau tidak menarik.Maka dari itu buatlah judul semenarik mungkin.

3. SINGKAT
Sebaiknya sebuah judul karangan menggunakan kalimat yang tidak perlu panjang atau cukup d tulis singkat.dalam artian singkat disinih bukan berarrti menngunakan kata-kata yang singkat atau d pendek-pendekan tetapi setiap katanya harus memiliki fungsionalnya. Walaupun judul diulis singkat, tetapi tetap memiliki keterkaitan antara judul dan isinya tanpa mengurangi arti dan pembahasan yang di bahas.

4. LOGIS
Selain harus menngunakan kata-kata yang singkat dalam penulisan judul pun seorang penulis harus menngunakan kata yang logis. Dalam artian judul karangan yang d tulis dapat di terima oleh akal dan pemikiran si pembaca.Misalnnya, Menuju tanjung lesung,jalannya Macet. Contoh judul tersebut tidak menngandung unsur kelogisan karena dari jalannya macet berarti jalannya yg macet bukan kendaraannya yang macet tetapi lalu lintasnya.
Maka dari itu untuk bisa menentukan judul harus menggunakan kata yg logis dan tidak membingungkan si pembaca.sehinga pembaca mampu memahami makna dari judul tersebut.

5. RELEVAN
Tidak kalah penting dengan yang lainnya pemilihan judul suatu karang juga harus Relevan. Yaitu harus memiliki atau mempunyai kaitan antar topik dan pokok pikiran.ini berfungsi agar si pembaca bisa meraba-raba apa yang ada dalam isi karangan yang sudah di uraikan oleh penulis dalam tulisannya.

Mungkin cukup sekian tips-tips yang bisa saya berikan mudah-mudahan dengan adanya tips ini dapat lebih memudahkan penulis untuk menentukan judul yang tepat dan juga berkaitan dengan isi sebuah karangan. (RR/SBS31)

catatan: tulisan beserta foto diatas sepenuhnya tanggung jawab penulis, bila ada kesamaan atau plagiarisme.

You might also like
Comments
Loading...