Tips Membangun Semangat Belajar

Oleh : Gunawan, Mahasiswa Pendidikan Agama Islam UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

OPINI satubanten.com – Pada era ini sungguh sangat sulit untuk membangun semangat belajar terlebih banyaknya godaan atau hambatan yang mengakibatkan munculnya malas belajar. Seperti handphone, game online dan faktor lingkungan yang kurang mendukung. Namun, harus kita sadari betapa pentingnya belajar untuk membangun generasi yang lebih baik agar terhindar dari derasnya arus negatif zaman.

Namun, semua hambatan itu akan teratasi bila mana kita memiliki tips yang tepat dan dilakukan secara berkesinambungan. Yuk! kita mulai saja langkah-langkah belajarnya agar supaya rencana belajar kamu menjadi lebih tertib dan disiplin. Setelah itu belajar kalian akan menjadi mudah dan menyenangkan.

1. Membuat Jadwal Pembelajaran yang Diiringi Kedisiplinan

Hal ini sangat diperlukan untuk mengefesiensikan waktu antara belajar dengan kegiatan lainnya. Sehingga bisa berjalan sebagaimana mestinya, tanpa mengurangi waktu belajar dan bermain.

2. Membuat Pembelajaran yang Menyenangkan

Pembelajaran yang menyenangkan ini untuk menumbuhkan rasa percaya diri, mandiri dan rasa mencintai untuk bersekolah. Sehingga diharapkan anak mudah untuk menyerap pembelajaran yang diberikan oleh guru tanpa adanya paksaan.

3. Istirahat yang Cukup

Untuk mendukung kegiatan belajar kamu, kondisi dan stamina yang diperlukan pasti kamu memerlukan waktu istirahat yang cukup untuk dapat menangkap materi yang lebih banyak, diperlukan konsentrasi belajar yang didapat dari istirahat yang cukup, dengan istirahat yang cukup, dijamin kamu akan lebih mudah menyerap materi pelajaran.

4. Cari Suasana yang Tepat

Ini sangat penting untuk menghindari rasa jenuh saat belajar, salah satunya dengan cara mendekor tempat belajar kalian atau bisa juga dengan pergi ketempat yang memungkinkan untuk belajar seperti perpustakaan, taman baca atau bisa juga tempat-tempat yang memiliki keindahan yang bisa meningkatkan imajinasi kalian seperti gunung dan pantai sehingga pikiran kalian bisa rileks dan tidak merasa terbebani jika diberikan tugas oleh guru.

Demikianlah tips dari saya semoga bermanfaat untuk kalian semua, tetap semangat belajar untuk masa depan yang lebih baik. (RR/SBS31)

Catatan: Tulisan diatas beserta foto adalah tanggungjawab penulis sepenuhnya bilamana terdapat plagiarisme.

You might also like
Comments
Loading...