Tips Ketenangan Hidup

Serang (24/06/2019) SatuBanten. News – Dalam menjalani kehidupan manusia pasti akan menghadapi sesuatu yang disebut masalah dan selama hidup, manusia akan selalu mendapatkan masalah, masalah yang ringan ataupun yang berat, masalah yang dibuat sendiri ataupun masalah yang sudah menjadi hukum alam dan takdir manusia itu sendiri. Dalam menghadapi masalah, manusia terkadang disertai dengan rasa resah dan gelisah, padahal yang dibutuhkannya adalah ketenangan.

Ketenangan akan menolong manusia lebih cepat menyelesaikan masalah yang ada, contohnya ada seorang manusia yang bertengkar dengan temannya, kemudian keesokannya temannya meminta maaf, maka orang yang memiliki ketengan jiwa akan mampu memaafkan temannya sebesar apapun kesalahan yang dilakukan temannya.

Seseorang yang berjiwa tenang akan menyelesaikan masalahnya dengan baik sebaliknya jika seseorang mempunya jiwa yang resah dan gelisah mungkin dari contoh tadi orang tersebut tidak akan memaafkan temannya atas kesalahannya bahkan bisa jadi menimbulkan dendam dalam hati orang tersebut.

Lalu bagaimana jika kita ingin menjadikan jiwa kita supaya tenang? Dan bagaimana cara untuk menghindari keresahan, ada beberapa tips versi penulis yang harus diketahui oleh pembaca agar jiwa kita tenang dan dijauhkan dari rasa resah, yaitu sebagai berikut :

1. Mengingat Allah
Islam telah mengajarkan bahwa Allah yang menciptakan apapun didunia ini termasuk masalah ketenangan dan keresahan. Ketenangan akan tercipta salah satunya dengan mengingat Allah, hal ini tercantum pada surat Ar-ra’d ayat 28 Artinya : Ingatlah hanya dengan mengingat Allah lah hati menjadi tentram. (Q.S. Ar-ra’d : 28). Dengan mengingat Allah juga akan menambah keimanan seseorang mukmin yang mengakibatkan seseorang merasa jauh lebih tenang.

2. Menjalankan Perintah dan Menjauhi Larangan
Seseorang tidak akan resah dan gelisah jika tidak melakukan kesalahan, lakukanlah semua perintah agama, keluarga, masyarakat maupun negara dan jauhi semua larangan agama, keluarga, masyarakat dan negara, maka tidak akan ada keresahan jiwa, yang ada hanyalah ketenangan jiwa.

Seseorang yang ingin kaya dengan cara korupsi tidaklah menjadikan seseorang itu jiwanya tenang, melainkan keresahan yang selalu menghantuinya walaupun korupsi itu dilakukan dengan cara bersih dan tanpa celah sedikitpun diketahui oleh orang lain.

Itu dikarenakan dia telah melanggar aturan yang dibuat oleh agama dan negara. Seseorang yang tidak menjalankan kewajiban solat juga akan menimbulkan keresahan didalam hati dan tidak menjadikan seseorang tenang. Maka dari itu orang akan menjadi tenang jiwanya jika menjalankan semua perintah yang ada dan menjauhi larangannya.

3. Membaca Al-qur’an dan Mendengarkannya
Membaca maupun mendengarkan Al-qur’an merupakan zikir kepada Allah dan sesuatu yang menambah keimanan dan menambah ketenangan jiwa. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Al-Qadhi di Klinik Besar Florida, Amerika Serikat bahkan membuktikan pengaruh membaca dan mendengarkan Al-Qur’an, baik yang berbahasa Arab maupun bukan, terhadap kondisi psikologis.

Hal tersebut menunjukkan bahwa dengan membaca atau dibacakan Al-Qur’an, seseorang dapat mengalami penurunan depresi dan kesedihan, juga memperoleh ketenangan jiwa sebanyak 97%. Penelitian ini ditunjang dengan alat pendeteksi tekanan darah, detak jantung, ketahanan otot dan ketahanan kulit terhadap aliran listrik.

4. Menjauhi Sifat iri dan Dengki
Seseorang tidak akan pernah tenang jika selalu iri hati dan dengki kepada orang lain, hatinya hanya dihiasi oleh perasaan benci terhadap orang lain, bukannya malah merasa senang dengan suksesnya orang lain, dia selalu berprasangka buruk kepada orang lain dan selalu ingin menjatuhkannya, tidak heran sifat iri dan dengki merupakan awal dari suatu peperangan antar daerah, teman, suku, negara bahkan agama.

5. Menghibur Diri
Mencari ketenangan dengan menghibur diri juga bisa dilakukan dengan cara yang positif, membaca buku misalnya, membaca buku bisa menghilangkan depresi seseorang yang kuat kedua setelah membaca atau mendengarkan Al-qur’an, ataupun ketenangan bisa didapat dengan cara trip mengunjungi tempat-tempat yang tenang semisal air terjun, danau, pantai ataupun pegunungan, adapun memainkan musik ataupun mendengarkannya merupakan penghilang depresi juga dan sedikit memberikan ketenangan.

Inti pokok ketenangan jiwa terletak dihati seseorang yang tidak ada penyakit hati didalamnya dan selalu istiqomah menjaga hatinya dari kesalahan dan keresahan. (RR/SBS31)

Penulis : Asep Saepulloh, Mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

You might also like
Comments
Loading...