Tingkatkan Kualitas SDM, Pelaku UMKM Banten Lama Ikuti Pelatihan Pemasaran Produk Secara Digital

Serang, (06/09/2019) satubanten.com – Pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) diwilayah penyangga wisata religi Banten Lama, diberikan pelatihan pemasaran produk secara digital oleh Bank Indonesia melalui NGO Hijau Persada, di Aula Pelabuhan Perikanan Nusantara Karangantu, Kota Serang, Jumat (6/9).

Diera digitalisasi saat ini, para pelaku UMKM dituntut beradaptasi dan melakukan penyesuain sistem pemasaran dengan metode digital, sebagai bentuk penyesuaian keinginan konsumen.

Bank Indonesia menggandeng NGO Hijau Persada dalam melakukan pendampingan para pelaku UMKM di wilayah wisata religi Banten Lama untuk di bimbing agar mereka (pelaku UMKM-red) ikut dalam arus digitalisasi tersebut.

Irwandi Suherma Sekretaris Umum Hijau Persada menyampaikan, bahwa Produk UMKM baik berupa pangan lokal atau kerajinan khas daerah wisata, khususnya di wilayah Banten Lama, merupakan salah satu unsur penting dalam dunia kepariwisataan, dan sistem peredaranya saat ini perlu di upgrade.

“Salah satu solusi yang tepat saat ini adalah, membuatnya (produk lokal – red) menjadi lebih dekat di genggaman konsumen dengan cara digitalisasi pemasaran, dengan demikian orang tinggal klik”, ungkap Irwandi.

Senada dengan Irwandi, Renny Maharani Menejer Fungsi Koordinasi dan Komunikasi Kebijakan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Banten, menyampaikan bahwa saat ini BI Banten menginginkan Banten Lama memiliki produk UMKM khas Banten Lama dan ikut arus digitakisasi modern pemasaranya.

Renny juga menyampaikan pihaknya (BI Banten-red) menginginkan warga sekitar Banten Lama juga dapat mengenal dan faham tentang sistem pemasaran digital (digital marketing).

“Selian punya produk lokal yang khas, warga juga lakukan perubahan sistem pemasaran dari offline ke online. Jadi, para wisatawan yang ingin membeli tanpa harus berkunjung datang langsung ke toko penjual”, ujar Renny.

Kegiatan diikuti oleh 4 kelompok peserta UMKM di tiga kelurahan di wilayah kecamatan Kasemen Kota Serang, diisi oleh trainer yang berasal dari praktisi pengusaha yang sudah berhasil di dunia usaha yang telah menerapkan digital marketing.

Acara dihadiri pula perwakilan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Serang.

Ratu Anne Kepala Seksi Promosi pada Disperindagkop Kota Serang menyampaikan sangat mendukung program yang dilaksanakan oleh BI dan Hijau Persada, karena menurutnya telah membantu program pemerintah kota Serang. (sbs04)

You might also like
Comments
Loading...