Tingkatkan Kualitas Iklim Mikro, Pemkot Tangerang Sosialisasikan Program Cool Roofs

Tangerang (30/8/2019) Satubanten.com – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan ICLEI – Local Governments for Sustainability bersama dengan Pemerintah Kota Tangerang menggelar Konsultasi Publik Kota Tangerang untuk Peningkatan Aksi Iklim Lokal yang Partisipatif dan Inklusif serta Sosialisasi dan Pelibatan Masyarakat dalam Program Cool Roofs di Kota Tangerang.

Kegiatan yang dilakukan di Ruang Akhlakul Karimah, Gedung Puspemkot Tangerang, Hadir  Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah  dan  250 peserta yang berasal dari Dinas Lingkungan Hidup, perusahaan, sekolah, pelaku usaha dan penggiat lingkungan. dihadiri Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah

Sebelumnya Kota Tangerang berhasil masuk sebagai finalis dalam kompetisi Million Cool Roofts Challenge yang diadakan oleh Nesta Enterprises Limited yang bermarkas di London, Inggris. Ajang itu menjadi usaha Pemerintah Kota Tangerang untuk menurunkan suhu harian rata-rata.

“Program Million Cool Roofts ini memang dilakukan untuk menurunkan suhu,” terang Walikota dikutip Laman Ersmi Pemkot, Jum’at (30/8)

Dengan mengkampanyekan upaya penurunan efek gas rumah kaca yang salah satunya melalui bangunan dengan cat yang bersifat reflektif terhadap radiasi sinar matahari.

“Jadi nemang kualitas catnya ini beda. Jadi atap rumah dilapisi dengan cat ini, supaya suhu didalam rumah itu lebih sejuk,” tambah Arief.

Lewat sosialisasi ini, Walikota berharap kualitas iklim mikro meningkat dan penggunaan penyejuk ruangan berkurang secara otomatis.

“Itu salah satu tujuannya. Tapi yang terpenting bagaimana tidak cuma dengan sosialisasi ini. Coba buat penghijauan dirumah walaupun dengan media yang kecil tetapi membawa dampak yang besar,” imbuhnya.

“Kalau Kota Tangerang dibandingkan dengan dunia ini ya kecil, tapi suatu kebaikan itu justru datangnya dari hal-hal kecil,” pungkasnya. (SBS/02)

You might also like
Comments
Loading...