Tingkatkan Kemampuan PPID Satker, Bidhumas Polda Banten Gelar Pelatihan

Serang, Satubanten- Bidhumas Polda Banten gelar pelatihan guna meningkatkan kemampuan bagi personel PPID (Pejabat Pengelolaan Informasi Dokumentasi) di lingkungan satuan kerja (Satker) Polda Banten.

Pelatihan tersebut dipimpin langsung oleh Kabid Humas Polda Banten AKBP Shinto Silitonga dan diikuti oleh personel PPID dari Satker di lingkungan Polda Banten. Kegiatan ini dilakukan di Ruang Media Center Bidhumas Polda Banten pada Kamis, (25/11).

Kabid Humas Polda Banten AKBP Shinto Silitonga mengatakan pelatihan ini dilakukan guna meningkatkan kemampuan PPID satuan kerja di lingkungan Polda Banten. “Atas dasar Undang-Undang no.14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, Kapolda Banten menerbitkan surat keputusan Kapolda Banten No. 641 Tanggal 31 Agustus 2021 bahwa PPID merupakan bagian dari Humas Kepolisian sehingga dalam rangka meningkatkan kemampuan personel PPID di lingkungan satuan kerja Polda Banten, kami Bidhumas Polda Banten menggelar pelatihan tentang bagaimana melakukan pengelolaan informasi dan dokumentasi yang baik dan benar, sehingga diharapkan melalui pelatihan ini dapat memberikan informasi yang layak agar kami Humas Polda Banten dapat mengamplifikasi ke media mitra Polda Banten,” ucap Shinto Silitonga.

Dalam pelatihan kali ini Shinto menjelaskan tata cara PPID untuk bisa membuat berita yang baik dan benar. “Semua kegiatan positif Kasatker supaya dinaikkan kedalam rilis. Dalam pembuatan berita harus berpedoman dengan 5W+1H yakni who, what, when, where, why dan how, tolong 5W+1H ini dilatih,” ujar Shinto.

Peserta pelatihan juga diperlihatkan aplikasi IMM (Intelligent Managemen Media) oleh Kabid Humas. “Pemberitaan yang dibuat oleh rekan-rekan PPID akan masuk kedalam aplikasi IMM, dalam aplikasi ini ada indikator berapa banyak link berita dari Polda Banten, jadi berita yang rekan-rekan buat tidak menguap begitu saja,” kata Shinto.

Terakhir Kabid Humas mengajak PPID untuk terus bisa merangkum kegiatan positif Kepolisian di Satker masing-masing demi nama baik Polda Banten. “Mari kita berlomba-lomba sajikan informasi ke masyarakat jika kegiatan kepolisian adalah kegiatan positif dengan cara kita angkat dengan berita di masing-masing Satker PPID,” tutup Shinto. (SBS/009)

You might also like
Comments
Loading...