Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Dosen UNPAM Gelar Pelatihan Pembuatan Detergen Cair

Sukabumi, satubanten.com- Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin, Sukabumi, Jawa Barat, merupakan pelopor desa digital pertama di Indonesia. Pada hari Sabtu dan Minggu (13/03/2021 dan 14/03/2021) tim dosen Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Cijengkol, dimana Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu dari Tridarma perguruan tinggi yang menjadi kewajiban bagi insan akademis.

Dalam kesempatan ini tim dosen pengabdi melaksanakan Pengabdian Kepada masyarakat dengan judul Pelatihan Pembuatan Produk Detergen Cair Untuk Meningkatkan Minat Wirausaha Masyarakat Desa Cijengkol.Tim dosen pengabdi yang memberikan penyuluhan terdiri dari 3 orang dosen Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang yang terdiri dari : Khasbunallah, ST., MT selaku Ketua Tim Pengabdi, Rusmalah, ST., MT selaku pemateri 1 yang memberikan arahan dalam proses pembuatan produk, serta Wanto Sarwoko, ST., MT selaku pemateri 2 yang juga turut serta memberikan arahan dalam teknis pengemasan produk.

Anwari, S. Sos., MM selaku Camat Caringin, sangat antusias sekali menyambut program Pengabdian Kepada Masyarakat ini. “Seandainya saya tidak ada keperluan lain, maka saya juga akan turut serta belajar membuat produk detergen cair ini, produk jenis ini adalah produk unggulan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat, baik di perkotaan maupun pedesaan”begitu ujar beliau. Selain itu beliau juga berpesan kepada pemuda karang taruna Desa Cijengkol untuk serius dalam menjalani program pelatihan dan berharap agar dapat segera melakukan produksi detergen cair. Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Desa Cijengkol, Haer Suhermansyah, “sangat banyak sekali potensi-potensi yang dapat dikembangkan dari Desa Cijengkol ini, semoga tim dosen Teknik Industri Universitas Pamulang dapat mengakomodir perkembangan potensi Desa Cijengkol” tuturnya.

Baban Subagya selaku ketua Karang taruna Desa Cijengkol juga berharap ada pelatihan lanjutan untuk pemantapan proses produksi detergen cair sehingga mereka semakin percaya diri dalam melakukan produksi detergen cair. Selain itu juga Baban Subagja berharap diberikan pelatihan tambahan dalam penyempurnaan produk.

Khasbunallah, ST., MT selaku ketua Tim PKM Kelompok Produk Detergen Cair menyampaikan banyak terima kasih dan apresisasinya kepada pemuda-pemudi Karang Taruna Motekar yang menjadi poros estafet kemajuan Desa Cijengkol. Rusmalah, ST., MT dalam pemaparan materinya menjelaskan tentang pengenalan bahan baku, komposisi, teknis pembuatan produk, teknis perbaikan kegagalan produk, dan segala hal yang terkait dengan keberhasilan pembuatan produk detergen cair. Paparan materi kedua disampaikan oleh Wanto Sarwoko, ST., MT, dimana dalam materi tersebut lebih mengarah ke teknis penggunaan peralatan produksi, baik yang bersifat mesin maupun bersifat non mesin. Pengenalan peralatan dilanjutkan dengan praktek penggunaan alat dan strategi penggunaan alat dalam mencapai homogenisasi liquid yang di produksi.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini diakhiri dengan diskusi, tanya jawab dan foto bersama antara pemuda Karang Taruna dengan Tim PKM Dosen Teknik Industri Universitas Pamulang.

You might also like
Comments
Loading...