Timpora Perkuat Sinergitas Penanganan Masalahan WNA

Serang ( 09/05/2019) Satubanten.com,- Dalam rangka meningkatkan sinergitas antar instansi pemerintah dalam menangani permasalahan pengawasan Orang Asing, hari ini Kamis (09/05). Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten menyelenggarakan Rapat Dalam Kantor (RDK) Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) Tingkat Provinsi Banten Tahun 2019 bertempat di ruang Aula Lantai III Kanwil Kemenkumham Banten.

Rapat TIMPORA yang diselenggarakan oleh Divisi Keimigrasian ini ditujukan sebagai sarana untuk saling bertukar informasi dan pengetahuan, memberikan saran dan pertimbangan untuk dapat dijadikan solusi bersama dalam menangani permasalahan orang asing, khususnya di wilayah Provinsi Banten.

Adapun narasumber pada kegiatan ini berasal dari Dinas Tenaga Kerja dan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Banten yang diikuti oleh instansi-instansi vertikal dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Propinsi Banten yang berkaitan dengan orang asing sebagai peserta rapat.

Acara dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Banten, imam Suyudi. Dalam sambutannya, Imam menyampaikan bahwasannya banyak faktor penyebab datanganya Orang Asing ke Wilayah Banten. Isu saat ini yang menjadi sorotan masyarakat adalah isu serbuan TKA khususnya dari RRC (China) yang menuai pro kontra berkepanjangan dan kedatangan pengungsi serta pencari suaka di wilayah Indonesia terutama propinsi Banten.

“Hal tersebut harus bisa diantisipasi oleh Tim PORA se Wilayah Banten atas dampak dari kedatangan orang asing tersebut, dimana dalam rangka melindungi kepentingan nasional hanya Orang Asing yang tunduk pada hukum yang berlaku di Indonesia yang diperbolehkan masuk dan berada di Wilayah Indonesia,” ujar Imam.

“Oleh karena itu, saya harap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan sinergitas kita terkait dengan permasalahan dalam hal pengawasan orang asing tersebut,” tutup Imam Suyudi mengakhiri sambutannya.

Kegiatan ditutup dengan foto bersama dan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari narasumber dan diskusi tanya jawab antar peserta. (SBS009/Rls)

You might also like
Comments
Loading...