Tim KKN Tematik Ciptakan Lingkungan Asri Bersama Warga Kaujon Sungai Ci Banten

Serang (12/07/2019) SatuBanten. News – Tim KKN tematik UPI Serang usai menggelar pengajian rutin ibu-ibu dilanjutkan dengan mengadakan pengolahan sampah plastik, dimana sampah merupakan hal yang sangat mengkhawatirkan, akan perubahan kondisi lingkungan jika tidak ditangani dengan segera maka hal ini akan berdampak buruk bagi lingkungan sekitar, khususnya warga yang bertempat tinggal di dekat Sungai Kali Ci Banten.

Oleh karena itu Tim KKN Tematik menghimbau kepada warga untuk ikut serta bersama-sama mencari solusi untuk pengolahan sampah plastik menjadi batu bata ramah lingkungan, karena sampah plastik merupakan sampah yang tidak dapat terurai, sehingga Tim KKN Tematik mengajak kepada warga Kaujon RW 01 untuk mengolah sampah plastik menjadi batu bata ramah lingkungan atau yang sering kita kenal dengan “Eco Brick”.

Bendahara Koordinator Ismawati, menjelaskan bahwa bahan utama adalah sampah, yang dimasukan ke dalam botol plastik kering, hingga padat, sampah plastik masuk ke botol akan lebih banyak sampah plastik yang digunakan, sehingga tidak khawatir penuh, karena sampah plastik seminggu bisa muat dalam 1 botol. Adapun untuk memadatkan plastik tersebut dengan menggunakan stick kayu.

“Manfaat Eco Brick ini bisa digunakan menjadi kursi yang dimana botol-botol yang telah terisi dengan sampah plastik, disusun menjadi bentuk bulat lalu dierat dengan tali rapia dan di plester menggunakan lakban sampai kuat.” jelas Ismawati.

Setelah itu bisa dihias menggunakan bahan kursi atau kain sehingga tidak terlihat seperti botol. Dan kursi ramah lingkungan dapat digunakan dengan nyaman serta memiliki daya kerajinan yang kreatif.

“Solusi sampah plastik di RW 01 Kaujon telah teratasi dengan pengolahan, batu bata ramah lingkungan. Sehingg warga disana tidak membuang sampah ke Sungai Kali Ci Banten kembali.” Ujar Ismawati (RR/SBS31)

You might also like
Comments
Loading...